Peristiwa

Pohon Besar Timpa Bangunan Makam Sunan Prapen

Gresik (beritajatim.com) – Imbas hujan deras yang disertai angin kencang di Gresik Jumat (27/12/2019) malam, menyebabkan pohon besar tumbang lalu menimpa makam Sunan Prapen. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pasalnya, saat kejadian tidak ada pengunjung di makam tersebut.

Pohon yang tumbang dengan diameter dua meter lebih itu, sebagian menimpa bangunan makam Sunan Prapen yang masih keturunan Sunan Giri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik, Tarso Sagito mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan pemotongan pohon besar yang melintang di atas bangunan makam tersebut. Hal ini dikarenakan alat berat milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik kesulitan masuk ke lokasi. “Untuk menuju lokasi tersebut, hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki,” katanya, Sabtu (28/12/2019).

Selain menimpa sebagian makam. Pohon yang tumbang itu juga merusak cagar budaya. “Ada satu pohon tumbang pas di cungkup makam Sunan Prapen, karena situs maka harus koordinasi dengan pihak Balai Pemeliharaan Benda Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto,” ujar Tarso.

Ia menambahkan, saat ini proses evakuasi dihentikan sementara sembari menunggu hasil koordinasi tersebut. “Kami sudah melakukan kordinasi. Intinya untuk melakukan pemotongan pohon harus berhati-hati karena menyangkut bangunan cagar budaya,” imbuhnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar