Peristiwa

Pohon Besar di Jalur Trawas-Pacet Tumbang

Petugas saat evakuasi pohon tumbang di jalur Trawas-Pacet. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah pohon besar di di pinggir Jembatan Desa Cembor, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Minggu (20/10/2019) tumbang. Pohon jenis Bendo dengan ketinggian 80 meter tersebut menimpa jembatan penghubung Trawas-Pacet.

Cuaca panas disertai angin kencang diduga menjadi penyebab tumbangnya pohon tersebut. Akibatnya, batang dan ranting pohon menimpa jembatan dan menyebabkan jalur Trawas-Pacet macet. Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mojokerto dibantu relawan dan masyarakat melakukan evakuasi.

Dengan menggunakan peralatan seperti gergaji mesin dan senjata tajam (sajam) jenis golok digunakan untuk mengevakuasi batang dan ranting pohon. Sementara itu, arus lalu-lintas di hari libur yang memang biasanya padat menjadi tersendat karena tumbangnya pohon besar tersebut. Kemacetan semakin panjang saat para pengendara berhenti untuk melihat proses evakuasi pohon besar tersebut sehingga anggota Polsek Trawas harus turun.

Ketua Relawan Macan Putih, Fatkhurrohman mengatakan, angin diduga menjadi penyebab pohon jenis Bendo tersebut tumbang. “Beruntung tidak ada korban jiwa karena saat kejadian arus lalu-lintas juga cukup padat. Hanya saja, ada banyak batang dan ranting pohon yang nyangkut di atap besi jembatan,” ungkapnya.

Hingga kini proses evakuasi batang dan ranting pohon masih dilakukan petugas di lokasi kejadian. Pihak Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau para pengendara untuk berhati-hati saat melintas.

“Para pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut tetap berhati-hati karena di lokasi angin cukup kencang disertai debu sehingga mengganggu jarak pandang serta rawan pohon tumbang. Karena semalam, pohon di jalur Cangar-Pacet juga tumbang,” tambang salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), BPBD Kabupaten Mojokerto, Wawan Kurniawan. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar