Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19

PMR SMAN 2 Pamekasan Bagikan Masker Gratis

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah siswa SMA Negeri 2 Pamekasan, ikut serta melakukan aksi sosial dengan membagikan masker gratis dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona alias Covid-19 di berbagai titik di Pamekasan, Senin (11/5/2020).

Kegiatan yang dipelopori Palang Merah Remaja (PMR) Unit SMA Negeri 2 Pamekasan, juga diikuti komunitas lain di lembaga setempat. Semisal Pengurus OSIS serta pengurus Pramuka SMA Negeri 2 Pamekasan. Mereka berbagi tugas mendistribusikan masker di berbagai lokasi berbeda.

“Kegiatan sosial ini merupakan kerjasama antara OSIS dan Pramuka bersama PMR Unit SMA Negeri 2 Pamekasan, dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona di Pamekasan,” kata Korlap Aksi Bagi-Bagi Masker Gratis PMR Unit PMR SMA Negeri 2 Pamekasan, Badrul Qomarul.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan sosial tersebut dilakukan di berbagai titik di Pamekasan. Khususnya di lingkungan SMA Negeri 2 Pamekasan. “Kegiatan ini kita pusatkan di lingkungan sekolah, yakni di Jl Jokotole. Termasuk juga di Balai Desa hingga lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Pamekasan,” jelasnya.

“Aksi sosial ini berupa bagi-bagi masker ini merupakan hasil sumbangan dari anggota, termasuk juga sumbangan dana dari sekolah (BPOPP) yang dialokasikan untuk kegiatan sosial ini. Sasarannya adalah warga sekitar sekolah maupun para pengguna jalan,” sambung siswa yang juga tergabung di Korp Sukarelawan (KSR) PMI Pamekasan.

Dari itu pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat, salah satunya dapat memberikan efek positif terhadap pebcegahan wabah Covid-19. “Kami akui hal ini memang tidak seberapa, tetapi kami harapkan bermanfaat dan dapat mencegah penyebaran wabah virus corona,” harapnya.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 870 warga dengan status Orang Dalam Resiko (ODR) dengan total Orang Dalam Pantauan (ODP) mencapai angka sebanyak 24 orang.

Sementara untuk total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini terdata sebanyak 17 orang, terdiri dari sebanyak 6 orang yang terdata dalam status PDP dinyatakan negatif Covid-19 berdasar hasil swal Laboratorium Balitbangkes RI. Sisanya tengah menjalani perawatan intensif di tiga rumah sakit berbeda di Kabupaten Pamekasan, yakni di RSUD dr Slamet Martodirdjo, RS Moh Noer, serta di RSUD Waru.

Sedangkan pasien positif Covid-19 terdata sebanyak sebanyak 10 orang, terdiri dari sebanyak 5 orang dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia, serta sebanyak 4 orang masih menjalani perawatan intensif sekaligus menunggu hasil lab swab dari Balitbangkes RI. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar