Iklan Banner Sukun
Peristiwa

PMI Jember Kejar Target Pengumpulan 5.000 Kantong Darah Selama Ramadan, Baru Dapat 2.305

Seorang warga sedang mendonorkan darahnya di PMI

Jember (beritajatim.com) – PMI Kabupaten Jember menggenjot upaya pengumpulan darah sebanyak 5.000 kantong selama Ramadan. Saat ini, jumlah darah yang terkumpul baru sebanyak 2.305 kantong.

“Alhamdulillah, tapi jumlah itu masih jauh dari target 5.000 kantong darah,” ujar Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki, Kamis (21/4/2022)

Marzuki mengatakan sebenarnya jumlah relawan pendonor sudah tersedia sesuai target. Sayangnya, ada 1.077 relawan yang dinyatakan tidak lolos skrining.

“Kami harap pada sisa Ramadan bisa terpenuhi,” kata Zaenal.

Kegiatan donor darah dilangsungkan pada 1-18 April 2022 dengan dua cara safari Ramadan. PMI membuka posko di depan masjid Jami Al Baitul Amin dan mengirimkan tim mobile unit berkeliling ke sejumlah masjid dan kantor kecamatan maupun kelurahan.

Kegiatan donor darah juga diselenggarakan di markas UDD PMI. Tetapi untuk di lokasi ini, donor darah digelar siang hari.

PMI memanfaatkan minat warga untuk mendonorkan darah pada malam hari. Jumlah pendonor di PMI memang cenderung menurun drastis dibandingkan kondisi normal.

Tetapi, menurut Zaenal, jumlah pendonor pada malam hari di depan masjid Al Baitul Amien maupun di mobil yang berkeliling di kecamatan cenderung meningkat.

Target 5.000 kantong darah ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan darah sejumlah rumah sakit di Jember.

“Termasuk menjadi stok saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang berlangsung cukup lama, sekitar 10 hari,” kata Zaenal. [wir/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar