Peristiwa

PMI Jember Berburu 6 Ribu Kantong Darah Selama Ramadan dan Lebaran

Donor darah di PMI Jember [foto: Humas PMI]

Jember (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berburu enam ribu kantong darah selama Ramadan dan lebaran. Masyarakat desa diharapkan jadi ujung tombak.

PMI Jember terus bergerak untuk menjaga kebutuhan darah. “Pada masa Ramadan dan lebaran, kami selalu menyediakan 6.000 – 6.500 kantong darah. Kalau hari-hari biasa 3.500 kantong,” kata Ketua PMI Jember EA Zainal Marzuki, Sabtu (17/4/2021).

“Di bulan suci Ramadan, kami menggelar kegiatan donor pada malam hari. Tapi PMI membuka donor 24 jam terutama bagi masyarakat beragama lain. Masyarakat muslim boleh berdonor siang hari asalkan fisiknya memenuhi,” kata Zainal.

Salah satunya, kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin, Kecamatan Balung. “Kegiatan donor darah di masjid Jami’ Darul Muttaqin Balung sudah rutin. Kesadaran masyarakat sekitar untuk donor darah cukup tinggi, minimal bisa sedekah darah untuk sesama yang membutuhkan,” kata Zainal.

Tidak hanya jamaah salat tarawih yang ikut donor darah. Banyak warga sekitar masjid yang ikut salat tarawih ikut datang saat donor darah dimulai. Dudung Ari Rusli, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember menjelaskan, pelaksanaan donor darah selama Ramadan 1442 H dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

PMI sudah menjadwalkan donor darah selama Ramadan di kantor kecamatan atau masjid terbesar di masing-masing kecamatan. “Jadwal donor darah sudah kami sebar melalui media sosial,” kata Dudung.

Saat ini, PMI Jember mencanangkan program satu desa satu kampung donor darah. Dengan kampung donor, kebutuhan darah untuk pasien di sejumlah rumah sakit di Jember dan beberapa wilayah jejaring akan terpenuhi sesuai harapan Bupati Hendy Siswanto beberapa waktu. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar