Peristiwa

Plt Ketua Umum PSI Giring ‘Nidji’ Ziarah ke Makam Pendiri NU

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha (nomor tiga dari kanan) sedang memanjatkan doa di depan makam KH Wahab Chasbullah, Kamis (19/11/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha atau Giring ‘Nidji’ berziarah ke makam pendiri NU (Nahdlatul Ulama) yang juga pahlawan nasional KH Wahab Chasbullah di komplek PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang, Kamis (19/11/2020).

Kedatangan pria yang memiliki nama lengkap Giring Ganesha ini bersama rombongan. Di antaranya sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jawa Timur Teguh Cahyadin atau Gus Adin dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Jombang. Rombongan ini kemudian menuju makam KH Wahab Chasbullah.

Di depam pusara pahlawan nasional itu, seluruh rombongan memanjatkan doa dengan khusuk. Sejumlah kiai dari pesantren Tambakberas ikut mendampingi rombongan saat memanjatkan doa. Berziarah ke makam pahlawan, bagi Giring, agar generasi muda seperti dirinya tidak melupakan sejarah.

Mantan vokalis grup band Nidji ini menjelaskan, ziarah ke makam pendiri NU merupakan rangkaian tur keliling Indonesia. “Ini adalah titik ke 24. Hari ini dari Lamongan menuju Trenggalek. Alhamdulillah bisa ziarah ke makam pendiri pahlawan nasional sekaligus pendiri NU,” ujar Giring usai ziarah.

Giring menambahkan, dirinya merupakan pecinta sejarah. Makanya saat ini Giring tengah membuat konten sejarah di berbagai media sosial, youtube dan instagram. “Jangan sampai melupakan sejarah, jangan sampai melupakan para pendahulu yang berjuang untuk Indonesia,” sambungnya.

Apa manfaat ziarah pahlawan bagi PSI? Selama ini, kata Giring, banyak anak muda yang berbicara tentang perbaikan sistem, tentang masuk parlemen, dan gerakan yang progresif. “Tapi kalau tidak mengingat jasa-jasa para pahlawan, buat apa. Justru kita (PSI) sedang melanjutkan perjuangan para pahlawan,” ungkapnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar