Peristiwa

Plt Bupati dan DPRD Jember Sepakati Enam Hal

Jember (beritajatim.com) – Pelaksana Tugas Bupati Abdul Muqiet Arief menyepakati sejumlah hal dengan pimpinan DPRD Jember, Jawa Timur, dalam pertemuan di gedung parlemen, Senin (28/9/2020).

“Memang ada keinginan sangat besar bagi saya untuk mencairkan komunikasi dengan Dewan. Kami ada kesepakatan bahwa ada agenda-agenda besar yang kami upayakan untuk bisa segera dilaksanakan,” kata Muqiet.

Kesepakatan ini dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani Muqiet, Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Dedy Dwi Setiawan, Agus Sofyan, dan Sekretaris Daerah Mirfano.

Isi kesepakatan tersebut adalah:

1. Menindaklanjut rekomendasi Surat Menteri Dalam Negeri yang dituangkan dalam Surat Menteri Dalam Negeri tertanggal 11 November 2019.

2. Melaksanakan pembahasan Rancangan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Tahun Anggaran 2O2O

3. Melaksanakan pembahasan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Plafon Proritas Anggaran Sementara) APBD Tahun Anggaran 2021 dilanjutkan dengan Pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2021.

4. Mengefektifkan komunikasi Plt Bupati Jember dan pimpinan DPRD Kabupaten Jember dalam pelaksanaan forum-forum kegiatan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

5. Mengembalikan peran, fungsi dan DPRD Kabupaten Jember sesuai ketentuan yang berlaku.

6. Mengedepankan peran Gubernur Jawa Timur sebagai wakil Pemerintah Pusat di Daerah dalam upaya penyelesaian permasalahan di Kabupaten Jember.

Sebagaimana diberitakan, Peraturan Daerah APBD Jember 2020 belum juga disahkan bersama antara eksekutif dan legislatif. Penyebabnya adalah belum ditindaklanjutinya surat rekomendasi Mendagri Tito Karnavian mengenai pengembalian susunan organisasi dan tata kerja organisasi perangkat daerah dan pencabutan surat keputusan mutasi sejumlah pejabat.

Rancangan APBD 2021 juga belum ada tanda-tanda bakal tuntas, setelah ada perbedaan pemahaman soal lini masa pembahasan antara Bupati Faida dengan DPRD Jember. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar