Iklan Banner Sukun
Peristiwa

PKS Jombang Apresiasi Rencana Launching Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari (MINHA) di Tebuireng, Jombang. [foto/nu.or.id]

Jombang (beritajatim.com) – Jika tidak ada aral melintang, pesantren Tebuireng Jombang akan melaunching pengoperasian Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari (MINHA) di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Launching tersebut akan dilaksanakan tepat peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

“Kami sangat mengapresiasi atas launching pengoperasian MINHA. Dari dari museum itulah tercatat perjuangan ulama dalam mendirikan bangsa ini. Dengan pengoperasian musem tersebut, generasi muda akan tahu peran ulama dalam perjuangan. Oleh karena itu launching pengoperasian MINHA merupakan moment yang sangat bagus. Kita sangat mendukunh,” ujar Ketua DPD PKS Jombang Didik Darmadi, Selasa (26/10/2021).

Didik mengungkapkan, kemerdekaan Bangsa Indonesia tak terlepas dari peran pahlawan kita dalam berjuang. Sosok KH Hasyim Asya’ri, menurut PKS, merupakan ulama kharismatik panutan, sekaligus pahlawan bangsa. “Kita yakin banyak situs bersejarah milik beliau yang telah ditinggalkan. Maka hal ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk menjaga situs sejarah agar tidak hilang,” tandas mantan anggota DPRD Jombang ini.

Hal senada diungkapkan Sekretaris PKS Jombang Arifin. Menurutnya, PKS sangat bangga dengan sosok ulama pemersatu seperti KH Hasyim Asya’ri. “Harapan kami launching MINHA menjadi moment tak terlupakan yang berbarengan dengan Hari Pahlawan. Yakni sebagai moment membangkitkan semangat kepahlawanan,” tegas mantan staf ahli PKS Jombang ini.

Informasi yang dihimpun dari tebuireng online, launching pengoperasian Museum Islam Indonesia Hasyim Asy’ari (MINHA) diagendakan pada 10 November 2021 pukul 08.00-10.00 WIB. Sebelum launching, santri Tebuireng akan menampilkan pagelaran teatrikal bertema ‘Resolusi Jihad, dari Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari’. Setelah diluncurkan pengelola MINHA akan memamerkan pusaka dan berbagai peninggalan sejarah masyayikh (para kiai) Tebuireng dan Nahdlatul Ulama selama sebulan ke depan.

Sebenarnya, MINHA sudah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), pada Selasa 18 Desember 2018. Saat itu, Jokowi menandatangani prasasti dan melakukan pemotongan pita di pintu masuk museum.
MINHA berada di kawasan parkir makam Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid). Museum ini berdiri di atas lahan seluas 4,9 hektar. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan