Peristiwa

Pipanisasi PDAM di BGS Baru Terpasang 2 Kilometer

Gresik (beritajatim.com)– Pipanisasi jaringan untuk penambahan kapasitas produksi PDAM di Bendung Gerak Sembayat (BGS) baru terpasang 2 kilometer.

Dirut PDAM Giri Tirta Gresik, Siti Aminatus Zariah mengatakan, pipanisasi di akhir 2019 ini baru menjangkau Desa Sidomukti, Bungah. Itu pun baru sekitar 2 kilometer. “Tahap awal baru terpasang 2 kilometer. Tahun depan pipanisasi itu ditarget harus selesai,” katanya, Rabu (25/12/2019).

Saat ini, pipa yang mulai dipasang itu berukuran besar. Yakni pipa transmisi berukuran 1.100 mm. Pipa transmisi tersebut rencananya dipasang sepanjang 7,8 kilometer mulai Desa Sidomukti hingga pertigaan Kecamatan Bungah. “Total panjang pipa tersebut dengan pipa pendamping ke warga-warga itu mencapai 41 kilometer,” ujar Siti Aminatus Zariah.

Mega proyek itu, baru bisa dimanfaatkan warga pada 2021. BGS diperkirakan mampu menambah jumlah pelanggan sekitar 20 persen. Atau mampu menambah produksi sebesar 1.000 l/dt. Jumlah produksi itu tidak langsung terealisasi pada awal tahun, tetapi bertahap.

“Tahap pertama awal tahun jumlah produksinya 500 l/dt kemudian pertengahan tahun 2021 tambah 500 l/dt. Jumlah itu mampu menambah 70 ribu jaringan pelanggan rumah tangga di wilayah Bungah dan Manyar,” imbuhnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar