Peristiwa

Pipa Terkena Bego Proyek, Air PDAM di Cerme Gresik Mampet 2 Minggu

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Air PDAM di wilayah Kecamatan Cerme, Gresik mampet selama dua minggu. Mampet imbas terkena bego proyek pembangunan jalan. Pipa air tersebut bocor sehingga perlu diperbaiki.

Lutfi (46) salah seorang warga Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme menuturkan, sudah dua minggu lebih air di rumahnya mati. Beruntung dia punya sumur bor. Sehingga, masih bisa mengambil air dari sumur. Tapi tidak sedikit warga yang memilih beli air dirigen selama dua minggu ini.

“Saya sudah berulangkali mengadu ke PDAM tapi tidak ada solusi. Bocor diperbaiki bocor lagi,” tuturnya, Minggu (20/09/2020).

Seperti diketahui, Jalan Raya Cerme memang sedang ada pengerjaan saluran air. Tepatnya, di Desa Cerme Kidul. Kebetulan, galian untuk saluran air itu pas dengan pipa milik PDAM Giri Tirta, sehingga banyak titik yang terdesak alat berat.

Menanggapi hal ini, Direktur PDAM Giri Tirta Siti Aminatus Zariyah mengaku, pihaknya sudah menugaskan petugas PDAM di lokasi. Yakni untuk melakukan pengawasan. Pihaknya pun sudah sering memberi peringatan kepada pekerja bahwa pengerukan agar hati-hati.

“Ya seperti itulah terkena proyek, kita memperbaiki. Kalau ada proyek perbaikan jalan lagi rusak lagi. Padahal, petugas kami di lapangan sering mengingatkan,” ujarnya.

Sementaran itu, secara terpisah Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi pun ikut menyoroti terkait kurangnya komunikasi di lapangan. Menurutnya, koordinasi antara Pemkab Gresik dan Provinsi Jatim harus berjalan baik.

“Jangan asal mengerjakan. Kenyataanya di lapangan banyak titik pipa bocor kena alat berat. Lagi-lagi yang terdampak warga sekitar dan sudah berminggu-minggu airnya mampet,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap ada solusi terkait persoalan itu. Sebab, pelanggan PDAM sudah dua minggu lebih tidak dialiri air tersebut. Bahkan, harus mengeluarkan uang lagi untuk kebutuhan air.

“Pengeluaran warga yang menjadi pelanggan PDAM jadi double. Bayar tagihan da beli air drigen,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar