Peristiwa

Pipa Saluran Air Panas Pacet Diterjang Banjir, Ini yang Dilakukan PMI

Mojokerto (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto langsung berkoordinasi dengan pihak pengelola Wana Wisata Air Panas Padusan di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto menyusul rusaknya tiga pipa akibat air bah di Sungai Dawuhan. Termasuk memperbaiki pipa-pipa aliran air panas yang rusak.

Kasi Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono mengatakan, wilayah Pacet diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan air Sungai Dawuhan yang berada di Wana Wisata Air Panas Padusan mengalami peningkatan debit air yang sangat tinggi.

“Hujan dengan intensitas tinggi terjadi mulai pukul 11.00 WIB hingga 16.30 WIB. Akibat debit Sungai Dawuhan yang mengalami peningkatan debit air yang sangat tinggi menyebabkan pipa-pipa paralon saluran air panas putus dan hanyut diterjang banjir bah,” ungkapnya, Jumat (27/12/2019).

Kejadiannya, lanjut Didik, sekira pukul 15.30 WIB. Pihaknya langsung koordinasi dengan Koordinator Wana Wisata Air Panas Padusan terkait hal tersebut. Pihaknya menghimbau kepada pengelola Wana Wisata Air Panas Padusan untuk menutup lokasi wisata.

“Pasca kejadian, kita langsung mengamankan situasi di seputaran Sungai Dawuhan untuk mencegah masyarakat agar tidak mendekat ke daerah aliran sungai. Rencananya, Sabtu sekira pukul 07.00 WIB akan dilakukan kerja bakti memperbaiki pipa-pipa aliran air panas,” jelasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar