Iklan Banner Sukun
Peristiwa

PGN Saka Bantu Air Bersih Pangkahwetan Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Kebutuhan air bersih di Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik sangat tinggi. Desa yang terletak di pantai utara itu berbatasan langsung dengan laut. Terlebih lagi, warga desa setempat tergolong memiliki kepala keluarga (KK) paling banyak se-Kecamatan Ujungpangkah.

Kepala Desa Pangkahwetan, Syaifullah Mahdi menuturkan, fasilitas air bersih sangat dibutukan oleh warga. Selain untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagian besar warganya yang berprofesi sebagai nelayan butuh air bersih untuk membantu industri perikanan rumah tangga.

“Dengan adanya bantuan air bersih melalui pengeboran serta pipanisasi ke rumah warga sangat membantu desa kami. Apalagi akan ada dibuatkan digitalisasi untuk pembayaran air bersih yang dikelolah Bumdes,” tuturnya, Jumat (5/11/2021).

Masih menurut Syaifullah Mahdi, sesuai rencana, pihaknya juga akan membuat ‘smart card’ untuk membantu pengelolaan HIPPAM dan warga selaku konsumen air.

“Jumlah pemakai air di Desa Pangkahwetan saat ini ada sekitar 600 saluran rumah tangga. Ini harus dilayani dengan baik. Dengan smart card diharapkan pembayaran akan lebih mudah, cepat dan transparan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan CSR dari PGN Saka itu sangat dirasakan oleh warga Desa Pangkahwetan yang sangat membutuhkan air bersih.

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah mengatakan, dirinya mengapresiasi kolaborasi antara perusahaan PGN Saka dengan Desa Pangkahwetan terkait penyediaan fasilitas air bersih. Dimana pembayarannya menggunakan smart card.

“Desa Pangkahwetan ini potensinya perikanannya sangat luar biasa. Tidak hanya dari sektor perikanan saja. Tapi juga melakukan rintisan penanaman penghijauan di ruang terbuka hijau (RTH),” ungkapnya.

Bu Min sapaan akrab Wabup Gresik juga menambahkan, pembangunan RTH ini bisa menjadi percontohan desa yang lain. Saya atas nama Pemkab Gresik mengapresiasi semua bantuan CSR PGN Saka. Disamping membantu masyarakat, ini juga meringankan tugas pemerintah daerah.

Sementara itu External and Government Relation PGN Saka Subali menyatakan perusahannyaa memiliki tanggungjawab sosial terhadap wilayah sekitarnya saat menjalankan operasionalnya.

“Kami terus berkomitmen membantu desa-desa di sekitar wilayah operasinya. Seperti di Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah yang tergerak membantu penyediaan fasilitas air bersih. Mulai pembangunan pengeboran air, pipanisasi hingga sambungan air ke rumah-rumah warga,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar