Peristiwa

PFC 2022 Kenalkan Kopi Khas Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) – Ribuan masyarakat Kabupaten Probolinggo memadati Alun-alun Kota Kraksaan untuk mencicipi kopi khas Probolinggo dalam Probolinggo Coffee Festival (PFC) 2022, Jumat (18/11/2022) petang.

Festival yang digelar selama dua hari dari 18 sampai 19 November 2022 itu dimulai pukul 18.00 WIB. Dalam gelaran tersebut panitia penyelenggara menyediakan sekitar tiga ribu gelas kopi gratis, untuk dicicipi oleh pengunjung, serta juga menghadirkan sekitar 30 pengusaha UMKM kopi di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Festival makin meriah dengan penampilan guest star Felix dan Tami Aulia, serta Kidnep Flanella yang menghibur para pengunjung.

Ketua Panitia Probolinggo Coffee Festival, Intan Cahya Kurniasari mengatakan, festival itu merupakan hasil dari kolaborasi tiga organisasi. Yakni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI).

Intan berharap, festival ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya petani kopi dan barista di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan festival ini pula kopi khas Probolinggo bisa lebih dikenal karena memiliki ciri khas tersendiri. Acara serupa akan diadakan tiap tahun dan semoga memberikan manfaat bagi pelaku kopi,” jelas Intan.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto berharap, event seperti ini bisa terus diadakan, dengan harapan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Kami dari pemerintah berkomitmen untuk men-support kegiatan seperti ini mengingat, alam di Kabupaten Probolinggo sangat melimpah. Dengan adanya event seperti ini tentunya bisa memaksimalkan limpahan alam yang kita miliki,” ujar Heri saat mewakil Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Jawa Timur, Heru Suseno mengapresiasi festival ini. Pihaknya mengatakan, Probolinggo masuk dalam 10 besar penghasil kopi terbanyak di Jawa Timur.

“Kopi adalah minuman semua kalangan. Mari kita kenalkan kopi khas Probolinggo mengingat, Probolinggo masuk 10 besar penghasil kopi terbanyak di Jawa Timur. Tentunya ini juga menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat,” jelasnya. (tr/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar