Peristiwa

Petugas PMK Kabupaten Mojokerto Masih Pembasahan di Gudang Obat Nyamuk

Kebakaran di gudang pengolahan obat anti nyamuk di Jalan Raya Trawas KM 36 Dusun Wonokerto, Desa Sekargadung, Pungging, Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Dua gudang milik PT Intan Anugerah Nusantara di Jalan Raya Trawas KM 36 Dusun Wonokerto, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Rabu (22/7/2020) petang terbakar. Meski tak ada korban jiwa, namun hingga saat ini petugas Pemadam Kebakaran (PMK) masih melakukan pembasahan.

Kebakaran pertama kali terlihat sekira pukul 17.15 WIB di gudang pengolahan batok kelapa dan cangkang kemiri untuk bahan baku obat nyamuk bakar. Saksi melihat ada kepulan asap hitam dari gudang pabrik yang saat itu dalam keadaan kosong dan mesin penggiling juga dalam keadaan mati.

Sekira pukul 18.00 WIB, warga yang melapor ke Polsek Pungging kemudian menghubungi pihak PMK. Sedikitnya, tujuh unit mobil PMK, lima unit mobil damkar milik Pemkab Mojokerto dan dua unit mobil damkar milik Pemkot Mojokerto diterjunkan ke lokasi. Karena di dalam gudang, material mudah terbakar sehingga merembet ke gudang yang ada di sebelahnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hingga saat ini penyebab terjadinya kebakaran masih belum diketahui dikarenakan api masih belum bisa dipadamkan. “Saat ini masih dilakukan pemadam oleh petugas,” ungkapnya, Kamis (23/7/2020).

Kebakaran di gudang pengolahan obat anti nyamuk di Jalan Raya Trawas KM 36 Dusun Wonokerto, Desa Sekargadung, Pungging, Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Masih kata Zaini, material yang terbakar merupakan bahan baku produksi. Sementara luas area yang terdampak masih dalam proses pendataan petugas termasuk kerugian yang dialami korban. Masih ada satu unit mobil damkar yang melakukan proses pembasahan di dua gudang yang terbakar.

“Setelah ada laporan, ada 5 unit mobil damkar kita terjunkan ke lokasi kebakaran dan dibantu juga dari Pemkot Mojokerto untuk melakukan proses pemadaman. Hingga pagi ini, petugas PMK BPBD Kabupaten Mojokerto dan dibantu satu unit  PMK Kota Mojokerto masih melakukan proses pemadaman karena api masih belum dapat dijinakkan,” jelasnya.

Sebelumnya, gudang pengolahan obat nyamuk di Jalan Raya Trawas KM 36 masuk Dusun Wonokerto, Desa Sekargadung, Pungging, Kabupaten Mojokerto, Rabu (22/7/2020) terbakar. Karena berbahan batok kelapa kering sehingga api membakar dua gudang yang terletak bersebelahan. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar