Peristiwa

Petugas Giat Patroli Titik Kerumunan Massa di Bojonegoro

Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah ikut turun ke lapangan melakukan sosialisasi agar masyarakat mengurangi berkumpul untuk memutus sebaran Covid-19.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Pemkab Bojonegoro maupun TNI Polri giat melakukan patroli kerumunan massa. Langkah tersebut diharapkan bisa memutus penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro per 22 Maret 2020 ada sebanyak 23 orang dalam pemantauan (ODP). 23 orang yang ODP itu tersebar di 10 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kasiman, Purwosari, Ngambon, Kalitidu, Trucuk, Dander, Bojonegoro, Balen, Sumberejo dan Kecamatan Sugihwaras.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan, saat ini langkah Pemkab Bojonegoro adalah mengantisipasi penyebaran Covid-19. Pemkab bekerjasama dengan Polres dan Dandim 0813 dan seluruh kecamatan untuk membantu menyosialisasikan agar mengurangi perkumpulan massa.

Selain di kerumunan massa, Pemkab Bojonegoro juga memberlakukan agar pusat perbelanjaan, warung kopi, maupun tempat hiburan harus sudah tutup pada pukul 22.00 WIB. “Memantau berkumpulnya masa yang banyak, baik kegiatan keagamaan, maupun yang lain sebaiknya ditunda atau ditiadakan,” ujarnya, Senin (23/3/2020).

Sementara Dinas Kesehatan membuat posko di setiap kecamatan, khususnya kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten lain. Ada 12 posko yang dibuat di daerah yang berbatasan dengan kabupaten lain. “Kerjasama dengan polsek dan koramil, untuk melakukan pemeriksaan thermal scanner jika ada yang masuk wilayah Bojonegoro,” jelasnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bojonegoro, Arief Nanang mengatakan, kegiatan patroli di kerumunan massa mulai terus dilakukan. Karena, kesadaran masyarakat untuk melakukan sosial distance masih cukup rendah.

“Selama patroli masih banyak dijumpai masyarakat yang belum sadar pentingnya melakukan pencegahan dengan mengurangi berkumpul,” ungkapnya.

Sedangkan petugas kepolisian dari Polres Bojonegoro sendiri juga gencar menyampaikan imbauan Kapolri, “Kami Bekerja Untuk Kamu, Kamu di Rumah Untuk Semua, Untuk Indonesia”.

Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Kasi Propam) Polres Bojonegoro, Iptu Moch Safi’i mengungkapkan untuk memutus penyebaran Covid-19 salah satunya agar disiplin dalam melaksanakan social distancing dengan menghindari kegiatan-kegiatan berkumpul untuk sementara waktu.

“Sehingga secara sadar masyarakat dapat melaksanakan imbauan pemerintah bahwa apa yang dilakukan adalah untuk kepentingan bersama,” pungkasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar