Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Petugas Damkar Gresik Evakuasi Ular Masuk Rumah

Gresik (beritajatim.com) – Di saat musim hujan, petugas pemadam kebakaran tidak hanya mengurusi memadamkan api. Tapi, juga mengevakuasi binatang melata seperti ular yang kerap masuk ke rumah warga seperti yang dialami oleh Elis (59) warga Jalan RA.Kartini Gang IC/10 Gresik.

Ibu rumah tangga itu, kaget saat melihat ular python sepanjang 3 meter merayap di belakang rumahnya. Spontan melihat kejadian tersebut, dirinya melaporkan kejadian ini ke warga lalu diteruskan ke petugas Damkar Gresik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkarlat) Gresik, AH. Sinaga mengatakan, ular phyton sepanjang 3 meter sudah dievakuasi lalu diserahkan ke BKSDA sebelum dilepas ke alamnya. “Tidak dibutuhkan waktu lama untuk mengevakuasi ular phyton yang masuk ke rumah warga,” katanya, Selasa (1/03/2022).

Atas kejadian ini lanjut AH.Sinaga, tidak usah panik saat melihat ular masuk ke rumah. Sebaiknya dilokalisir dulu lalu menghubungi rescue Damkar Gresik. “Kalau sudah dilokalisir tetap tenang jangan gegabah. Tunggu petugas rescue datang sambil dievakuasi,” ujarnya.

Masih menurut AH.Sinaga, akhir-akhir ini memang banyak ular keluar dari sarangnya. Hal ini karena ada kemungkinan saluran air di selokan naik sehingga keluar mencari makan.

“Siklusnya memang begitu saat musim hujan banyak binatang melata mencari makan. Karena itu, kami menghimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak panik saat menemukan binatang ular,” tandasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar