Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto Jadi Korban Sengatan Tawon Vespa

Petugas mengevakuasi tawon jenis vespa di rumah warga Desa Pojejer, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa].

Mojokerto (beritajatim.com) – Petugas Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Damkar BPBD) Kabupaten Mojokerto tersengat tawon saat mengevakuasi hewan tersebut dari rumah warga.

Petugas datang ke lokasi setelah pemilik rumah, Widodo melaporkan jika ada tawon jenis vespa  di rumahnya Desa Pojejer, Kecamatan Gondang. Petugas langsung mendatangi rumah Widodo dengan memakai peralatan lengkap, yakni Alat Pelindung Diri (APD).

Petugas naik ke genting dan mencoba mengevakuasi dengan menyemprotkan cairan agar bisa menjinakkan hewan jenis serangga itu. Namun karena mendapat serangan, tawon-tawon tersebut langsung menyengat petugas. Akibatnya petugas pun jadi korban sengatan tawon vespa itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, petugas datang dengan APD lengkap sesuai prosedur. “Tawon jenis vespa tersebut ada di atap rumah sehingga petugas harus memanjat genting,” ungkapnya, Minggu (28/2/2021).

Masih kata Zaini, tawon jenis vespa dikenal sangat dan agresif sehingga membahayakan warga sekitar. Setidaknya dibutuhkan dua jam untuk mengevakuasi tawon dari atap rumah. Satu orang petugas Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto tersengat saat evakuasi.

“Petugas tiba di lokasi pukul 10.55 WIB, sekira pukul 13.00 WIB petugas baru berhasil mengevakuasinya. Namun petugas tersengat, ada dua bekas sengatan. Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melapor ke kita jika di rumah atau di sekitar rumah ada tawon jenis vespa,” tegasnya. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan