Peristiwa

Petani Tewas Tenggelam di Kolam Lahan Bekas Tambang

Tuban (beritajatim.com) – Umratdi (62), seorang petani asal Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ditemukan tewas tenggelam di kubangan air bekas lokasi tambang batu kapur tradisional yang berada di pinggir sawah desa setempat, Rabu (24/4/2019).

Petani tersebut diduga masuk ke dalam lokasi bekas tambang tersebut lantaran mencari gergajinya yang jatuh dan masuk ke dalam bekas tambang dengan kedalaman sekitar lima meter itu. Diduga kuat petani tersebut tidak bisa berenang dan nekad mencari gergajinya di kubangan air itu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, kejadian tewasnya petani tersebut berawal saat ia bersama istrinya datang ke lokasi sawah miliknya. Ketika itu korban memotong ranting pohon jati yang berada dibibir lokasi galian bekas tambang batu kapur tersebut.

“Berdasarkan keterangan istrinya, saat menebang ranting pohon jati alatnya jatuh. Kemudian korban turun untuk mengambilnya,” ungkap Budi Utomo, selaku Kepala Desa (Kades) Leran Wetan, Kecamatan Palang, Tuban.

Pada saat akan mengambil gergajinya di lokasi bekas galian tambang yang penuh dengan air itu, korban sudah dilarang oleh istrinya. Namun, Umratdi masih nekad mencebur ke dalam kolam air dengan ke dalaman yang mencapai sekitar 2 meter lebih tersebut.

“Sudah di larang untuk mencari (gergajinya), tapi masih nekad. Kemudian istrinya kaget karena tidak kunjung keluar,” tambah Kades saat berada di rumah duka itu.

Mengetahui suaminya tidak kunjung muncul dari air di lokasi bekas tambang batu kapur itu, Sundari, istri petani itu langsung meminta bantuan warga untuk ikut mencari suaminya itu. Selanjutnya, sejumlah keluarga korban ikut mencari dengan menyelam di dalam kolam air hujan tersebut.

“Pencarian sekitar sepuluh menit korban sudah berhasil ditemukan. Saat ditemukan sudah meninggal dunia dan dibawa pulang ke rumah duka ini,” pungkasnya.

Sementara itu, petugas kepolisian dari pihak Polsek Palang, Polres Tuban yang mendapatkan informasi langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan identifikasi terhadap jenazah korban. Dari hasil pemeriksaan medis tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan dan korban diduga kuat tewas akibat tenggelam itu.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar