Peristiwa

Saluran Air Tersumbat Teratasi

Petani Kediri Kini Bisa Bercocok Tanam di Musim Kemarau

Kediri (beritajatim.com) – Krisis air yang dialami oleh para petani di wilayah Kecamatan Purwoasri dan Kunjang di Kabupaten Kediri selama beberapa tahun terakhir akhirnya teratasi. Melalui pengaturan aliran irigasi, petani dapat berocock tanam dengan mudah, bahkan di musim kemarau seperti saat ini.

Agus, Kepala Desa Sumberjo, Kecamatan Purwoasri mengaku bersyukur dengan pulihnya sistem irigasi pertanian di wilayahnya. Hal tersebut tidak lepas dari peran perusahaan tambang CV Adhi Djojo Kediri yang melakukan perbaikan dan penataan saluran irigasi yang selama ini tersumbat oleh pengendapan.

“CV Adhi Djojo mengeluarkan bantuan sosial kepada warga di sekitar dengan melakukan pembenahan saluran sungai yang ada. Sehingga, petani menerima manfaat air irigasi untuk pertanian,” kata Agus.

Diakui Agus, beberapa tahun belakangan ini petani dilanda krisis air. Saluran air yang menjadi satu-satunya sumber pengarian pertanian tersumbat oleh sedimentasi. Padahal, saluran air itu dibutuhkan oleh ratusan orang petani.

Pada musim kemarau seperti saat ini, petani sangat merasakan dampak dari krisis air tersebut. Agenda rutin bercocok tanam tidak bisa berjalan dengan normal.

Disisi lain, petani tidak memiliki dana untuk melakukan perbaikan saluran air yang tersumbat. Mereka akhirnya mengajukan bantuan kepada pihak perusahaan CV Adhi Djojo, yang berada di sekitar kawasan persawahan warga.

“Masyarakat tidak punya anggaran untuk memperbaiki saluran air. Warga bersama pemuka dan perangkat desa meminta bantuan, agar petani bisa bercocok tanam di masa kemarau. Apalagi dalam kondisi bencana non alam Covid-19 ini,” terang Agus.

Saluran irigasi yang telah ditata ini mengairi ribuan hektar areal persawahan di wilayah Kecamatan Kunjang dan Purwoasri. Bahkan, ada sebagian yang mengalir ke kabupaten tetangga, Jombang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, kawasan yang ditopang mulai dari Dusun Parelor, Jabon, Jember di Kecamatan Kunjang.

Kemudian di Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Mulai dari, Dusun Wangkal, Desa Wangkal Kepuh, Dusun Mejoyo, Dusun Losari, Desa Mejoyolosari. Berikutnya di Dusun Turus, Desa Turus, Dusun Gudo di Desa Gudo dan Dusun Kademangan, Desa Kademangan. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar