Peristiwa

Pesan Kapolres Jombang di Hari Kesaktian Pancasila

Kapolres Jombang AKBP Boby Tambunan (dua dari kiri) usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun setempat, Selasa (1/9/2019).

Jombang (beritajatim.com) – Kapolres Jombang AKBP Boby P Tambunan menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di alun-alun setempat, Selasa (1/10/2019). Peringatan dengan tema “Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia” itu diikuti sekitar 1000 orang.

Sejak pagi para peserta upacara sudah memadati lokasi. Mereka kemudian berbaris sesuai dengan kelompoknya masing-masing, mulai ASN (Aparatur Sipil Negera) hingga pelajar. Hadir pula Wakil Bupati Jombang Sumrambah beserta Sekda Akhmad Jazuli, serta jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Selain itu juga Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Komandan Kodim Letkol Inf Triyono. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu berjalan lancar mulai awal hingga akhir. Dalam kesempatan itu juga dibacakan ikrar kesetiaan Pancasila yang dipimpin Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi.

Naskah ikrar yang ditandatangani Ketua DPR RI Bambang Soesatyo itu berbunyi, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ldeologi Negara; bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapolres Jombang AKBP Boby P Tambunan (tengah) saat mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Masud membacakan ikrar.

Kapolres Jombang AKBP Boby P Tambunan mengatakan, upacara ini merupakan peringatan atas Kesaktian Pancasila. Pancasila adalah pemersatu bangsa dan sejarah sudah membuktikan. Ia juga mengatakan Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik. Pancasila juga telah membuat masyarakat semakin matang dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pancasila adalah ideologi yang sudah final dan tak tergantikan. Dengan Pancasila, hubungan tali persaudaraan antar etnis, agama, suku, budaya dan bangsa di Indonesia bisa harmonis. Kami berkomitmen bersama-sama sebagai anak bangsa untuk terus menggaungkan dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata Boby usai upacara. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar