Peristiwa

Perumdam Tirta Mahameru Atur Distribusi Air di Lumajang Utara

Dirut Perumdam Tirta Mahameru Lumajang Achmad Arifulin Nuha

Lumajang (beritajatim.com) – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mahameru Lumajang membagi pendistribusian ke pelanggan. Pasalnya, debit sumber mata air di wilayah Lumajang utara seperti di Kecamatan Ranuyoso dan Klakah, sangat kecil.

“Kami atur, agar air dinikmati pelanggan,” ujar Dirut Perumdam, Achmad Arifulin Nuha kepada beritajatim.com, Rabu (20/1/2021).

Masih kata dia, pemberlakukan ini dikarenakan sistem pengangkatan air di sumber Ranu Bedali Klakah menggunakan pompa. Debit kecil membuat aliran air juga terbatas untuk didistribusikan. “Untuk Sumberwringin juga demikian, apalagi pakai sistem gravitasi,” jelasnya.

Selain itu, penjadwalan distribusi air dilakukan. Agar warga di setiap desa bisa menandon air dan meteran tercatat. Sehingga penyaluran secara giliran bisa memenuhi kebutuhan air. “Jika akan kendala teknis bisa dievaluasi mengenai kebutuhan air dengan debit ke wilayah pelanggan,” paparnya.

Bila ada kendala kekurangan air sesuai jadwal, Perumdam kan melakukan patroli memantau pergerakan di masing-masing meteran menuju ke wilayah perdusunan di Ranuyoso dan Klakah. “Pengaduan terus kami terima dan tindaklanjuti, melalui grup facebook dan WhatsApp,” pungkasnya. [har/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar