Peristiwa

Warga Protes

Perumahan Mondokan Santoso Tuban Selalu Banjir

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah jalan, saluran pembuangan air dan juga berbagai fasilitas umum (Fasum) yang ada di kawasan Perumahan Mondokan Santoso, Kelurahan Mondokan, Kota Tuban sudah banyak yang mengalami kerusakan, Selasa (12/2/2019).

Namun, selama ini tidak pernah adanya perbaikan dari pihak pengembang dan juga belum ada penyerahan fasilitas umum itu ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Hal itu menimbulkan keresahan tersendiri dari warga lantaran sering terjadi banjir di kawasan perumahan itu.

Menurut sejumlah warga, bahwa kondisi jalanan di dalam Perum Mondokan Santoso selalu terendam banjir setelah terjadi hujan lebat. Dan airnya juga terus menggenang selama beberapa jam lantaran saluran airnya tidak maksimal.

“Selalu banjir kalau hujan, jalannya terendam mulai dari gerbang masuk perumahan. Ini memang tidak ada perawatan sama sekali dari pihak developer,” terang Ahmad Budiono (49), selaku ketua Rukun Warga (RW) di Perum Mondokan Santoso, Kelurahan Mondokan, Tuban.

Sampai saat ini kondisi jalanan di perumahan yang terdapat sekitar 500 kepala keluarga (KK) itu masih menggunakan paving. Dan kondisi jalan di dalam perumahan itu banyak yang rusak bergelombang serta saluran air juga banyak yang buntu.

“Ini sudah 23 tahun tidak ada perbaikan sama sekali untuk fasilitas umum dari pihak developer. Selama ini warga sendiri yang melakukan perbaikan fasilitas umum yang ada, seperti perbaikan jalan yang rusak, perawatan taman dan yang lainnya,” tambah Ahmad Budiono.

Menurutnya, seharusnya perawatan untuk jalan dan juga fasilitas umum yang ada di perumahan itu masih menjadi tanggungjawab pihak pengembang perumahan. Pasalnya, keberadaan sarana fasilitas umum dan fasilitas sosial di perumahan itu belum di serahkan ke Pemkab Tuban.

“Yang bertanggungjawab harusnya masih developer,  Tapi selama ini tidak ada perawatan sama sekali,” tegasnya.

Sementara itu, warga mengaku sudah beberapa kali menyampaikan keluhannya itu kepada pengembang, namun masih belum ada jawaban yang pasti dari pengembang.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar