Peristiwa

Pertamina Beri Perhatian Lebih Pada Peneliti Renewable Energy

Surabaya (beritajatim.com) – PT Pertamina (Persero) memberikan perhatian yang besar untuk semua riset yang mengusung tema renewable energy atau energi baru terbarukan. Diantaranya penggunaan biomassa dari sawit hingga bioetanol  sebagai salah satu bahan baku pembuat Bahan Bakar Minyak (BBM).
Hal ini diungkap oleh Senior Vice President RTC Pertamina, Dadi Sugiana saat acara Ideasi Riset 2019 di ITS Surabaya. Menurutnya kegiatan ini merupakan upaya Pertamina menyaring temuan inovatif dan aplikatif dari kampus yang ada di Tanah Air.
“Kampus selalu punya inovasi menarik dan sebagian mampu menjawab tantangan di dunia nyata atau sangat bisa diaplikasikan. Namun karena resiko dan dana untuk penerapannya besar, sering kali hasil penelitian itu hanya sampai di dalam kampus. Dan Pertamina hadir melalui Ideasi Riset ini untuk membuat penelitian itu diterapkan secara riil dilapangan,” beber Dadi.
Ajang kompetisi ini pun disambut antusias dan terlihat dari banyaknya proposal yang masuk yakni 255 proposal. Setelah melalui evaluasi internal RTC, hanya 60 proposal atau 23% dari total proposal yang memenuhi
kriteria untuk masuk ke tahapan seleksi lanjutan atau challenge session,” terangnya.
Uniknya tahun ini, Pertamina memberikan peluang yang besar bagi peneliti yang mengusung tema energi baru terbarukan.  Sebab cadangan Migas berupa energi baru harus segera dikembangkan. Sehingga diversifikasi energi bisa dilakukan dan Indonesia tak sepenuhnya lagi tergantung pada sektor sumber energi dari fossil.
“Pertimbangan kebersihan lingkungan dari polusi juga menjadi salah satu pendorong untuk segera beralih ke energi baru terbarukan,” tandasnya.[rea]




Apa Reaksi Anda?

Komentar