Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Personil Gabungan Gencar Sosialisasikan Pakai Masker di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona, sejumlah personil dari berbagai instansi di kabupaten Pamekasan, gencar melakukan beragam sosialisasi hingga langkah antisipatif dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Terlebih dalam beberapa pekan terakhir, petugas gabungan yang dimotori Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, juga melaksanakan operasi yustisi dalam rangka menindak masyarakat yang lalai menerapkan protokol kesehatan yang digelar sejak Senin (14/9/2020) lalu.

Selain tindakan tegas bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, personil dari berbagai instansi melakukan berbagai sosialisasi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya bagi-bagi masker gratis, desiminasi 6 langkah cuci tangan hingga penempelan striker ajakan pakai masker di sejumlah fasilitas umum.

“Proses penindakan ini sebagai upaya melanjutkan surat edaran dari Bupati Pamekasan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan┬ásebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19,” kata Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol-PP Pamekasan, Yusuf Wibiseno, Sabtu (3/10/2020).

Salah satu petugas menempelkan stiker ajakan pakai masker di salah satu transportasi umum di Terminal Ronggosukowati, Ceguk, Tlanakan.

Mengacu pada regulasi yang ditanda tangani pada 7 September 2020, juga disertakan upaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Selain penindakan, kita juga gencar melakukan upaya eduksi dan mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” unykapnya.

“Upaya sosialisasi tidak hanya dilakukan oleh satu instansi saja, tetapi sejumlah instansi di Pamekasan juga ikut terlibat. Tujuannya untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus mengajak untuk mematuhi protokol Covid-19,” tegasnya.

Hal senada juga dilakukan Polres Pamekasan yang juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penegakan protokol kesehatan guna pencegahan dan pengendalian Covid-19 demi terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, di Gedung Bhayangkara Polres Pamekasan, Jl Stadion 81, Rabu (30/9/2020) lalu.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama bertindak sebagai tim Satuan Tugas alias Satgas Covid-19 dengan membetuk Satgas Komunitas di tengah pandemi Covid-19.

“Di tengah pandemi ini kami mengajak masyarakat agar bersama-sama mematuhi berbagai himbauan berupa penerapan protokol kesehatan, hal itu bertujuan untuk bersama-sama memutus matta rantai penyebaran Covid-19,” jelas AKBP Apip Ginanjar.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19, Jum’at (2/10/2020) kemarin. Tedata sebanyak 335 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, meliputi sebanyak 13 orang dalam perawatan, 31 orang meninggal dunia, serta sebanyak 291 orang dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 893 orang, meliputi sebanyak 35 orang dalam pengawasan, sebanyak 54 orang meninggal dunia, serta sebanyak 804 orang lainnya dinyatakan selesai pengawasan alias Negatif Covid-19. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar