Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Permintaan Oksigen untuk RS di Jombang Naik 70 Persen

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho saat mengecek ketersediaan oksigen di PT. Samator Gas Industri di Mojoagung Jombang, Jumat (9/7/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Tim Satgas Penanganan Covid-19 Jombang, Jawa Timur, mengecek ketersediaan oksigen medis di dua distributor. Yakni, di PT. Samator Gas Industri di Mojoagung dan PT. Merak Mitra Gasindo di Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Jombang, Jumat (9/7/2021).

Kepala Cabang PT. Merak Mitra Gasido, Gunawan, salah satu penyedia tabung oksigen, mengaku kewalahan memenuhi kebutuhan oksigen akhir-akhir ini. Tak ayal, permintaan oksigen dari rumah sakit yang bermitra dengan perusahaannya meningkat hingga 70 persen dibanding hari biasanya.

Bahkan, kata dia, pihaknya mulai kekurangan pasokan dan hanya mampu memenuhi permintaan rumah sakit selama satu hari saja. “Selama permintaan naik kami melayani hingga 200 tabung per hari. Jumlah itu umtuk 10 rumah sakit di Jombang dan sekitarnya,” ujar Gunawan.

Pengecekan ketersediaan oksigen tersebut dipimpin Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho. Dari pengecekan itu juga diketahui bahwa stok tabung oksigen hanya tinggal menghitung hari alias menipis. Bahkan salah satu penyedia hanya memiliki sisa beberapa tabung oksigen.

“Kami dapati pasokan oksigen menipis. Dua penyuplai yang melayani sejumlah rumah sakit di wilayah Jombang ini hanya mampu memenuhi permintaan hingga beberapa hari kedepan. Namun demikian, oksigen untuk kebutuhan rumah sakit yang merawat pasien covid-19 masih aman,” kata Agung Setyo Nugroho.

Kapolres menegaskan bahwa kebutuhan oksigen untuk rumah sakit masih aman. Karena di Jombang terdapat dua penyuplai tersebut. “Kami terus melakukan pemantauan dan pengawalan untuk memastikan pasokan oksigen selama masa pandemi covid-19,” ujarnya.

Terlepas dari itu semua, Kapolres Jombang meminta masyarakat tidak kendor dalam menerapakan protokol kesehatan (prokes). Karena adanya varian baru Covid, masker yang dipakai harus rangkap dua. kemudian rajin mencuci tangan dan menjaga jarak, serta mengurangi mobilitas untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, berdasarkan update di lama Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, Rabu (7/7/2021) adalah penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 50 orang. Dengan begitu jumlah kasus kumulatif menjadi 5.660. Kemudian pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 28 orang, serta pasien meninggal nihil. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar