Peristiwa

Kegiatan Posko-100

Perkampungan Buruh Sampoerna Disemprot Disinfektan

Surabaya (beritajatim.com) – Relawan Posko Whisnu Sakti Buana (Posko-100) bergerak cepat memutus rantai pandemi corona, di perkampungan yang ditinggali para buruh pabrik rokok PT HM Sampoerna.

Penyemprotan desinfektan menggunakan pendekatan teknologi aerosol dilakukan di RT/RW 04/03, Kampung Kedung Baruk XII, Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Sabtu (2/5/2020).

Wilayah ini menjadi zona merah pasca sejumlah buruh terjangkit virus corona. Menurut Ketua RT 04, Usmanto sekitar 30 KK mendiami perkampungan tersebut. “Bahkan ada satu buruh warga sini yang sudah berstatus PDP. Saat ini sudah dirawat intensif di rumah sakit,” katanya.

Usmanto menjelaskan, pihak pengurus RT setempat bersama warga sudah melakukan antisipasi sejak lama guna memutus rantai penyebaran corona. Upaya penyemprotan secara swadaya juga dilakukan. “Namun gerakan dari Posko-100 turut membantu. Sehingga pemutusan virus corona lebih cepat,” kata Usmanto.

Selain di perkampungan Kedung Baruk XII, penyemprotan juga dilakukan di dua wilayah perkampungan lain. Yakni, raya Kedung Baruk, Medayu Utara, dan Rungkut Kidul Gang Kalimir 3 Surabaya. Fokusnya kawasan pemukiman yang ditinggali oleh buruh Sampoerna.

Koordinator Posko-100, Yulius Sunarno menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan lantaran kasus pandemi ini menyasar buruh pabrik Sampoerna. “Tidak lagi mencari siapa yang salah dan bagaimana persoalan buruh yang terkena corona seperti apa. Kami langsung bergerak dalam pemutusan rantai virus,” terang dia.

Yulius menambahkan, Posko-100 juga memfasilitasi pengurus kampung yang membutuhkan disinfektan untuk menyemprot secara mandiri. “Kami sediakan bibitnya juga. Kalau stok alat di Posko memadai, peminjaman juga dilakukan. Ini supaya cepat dan efisien. Aagar wabah ini segera berakhir,” pungkas Yulius. [ifw/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar