Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Peringati May Day, KSPI Tetap Lakukan Aksi, Ini Komentar Apindo

Surabaya (beritajatim.com) – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi turun jalan dalam memperingati hari buruh yang sedianya digelar pada 1 Mei 2022 lalu, namun diundur pada Sabtu 14 Mei 2022 besok.

Tak seperti peringatan May Day sebelumnya, kali ini KSPI hanya menurunkan perwakilan untuk melakukan aksi demo yang rencananya akan digelar di depan gedung Grahadi Surabaya.

“Jadi kami melakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) sehingga kami akan mengurangi jumlah aksi unjuk rasa dengan petimbangan kondisi kesehatan. Aksi kami murni perjuangan serikat pekerja dan tidak ada tumpangan politik manapun. Terimakasih hidup buruh,” ujar Ketua DPD SPN Jawa Timur Nuryanto.

Menanggapi rencana aksi KSPI ini, wakil ketua bidang organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur Jhonson Simanjutak berharap beberapa hal penting yang diperhatikan para serikat pekerja. “Perlu diketahui pertama, sekarang baru mulai pemulihan dari masa pandemi jadi kami berharap agar demo ini dilakukan dengan baik tentunya sesuai dengan prosedur,” ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Yang kedua lanjut Jhonson, saat ini pandemi covid juga masih dan menjadi perhatian pemerintah, karena itu pihaknya berharap agar demo kali ini tidak dilakukan dengan jumlah orang banyak. “ Dibatasi saja, menyampaikan pendapat itu tentunya bisa tidak harus dengan melibatkan banyak orang begitu ya,” lanjutnya.

Jhonson berharap agar para serikat pekerja memahami dan menyadari bahwa kita masih harus bersama-sama pemerintah untuk bisa menekan sedemikian rupa agar covid ini tidak menjadi berkembang kembali.

“Dan yang terakhir yang ketiga perlu kami sampaikan, silakan untuk melakukan demo unjuk rasa yang baik, yang benar, dan tentunya kami berharap ini untuk tidak ditunggangin oleh kelompok-kelompok apa pun. Karena perjuangan daripada kawan-kawan, serikat pekerja, serikat buruh adalah khusus untuk buruh dan pekerjaannya bukan dengan kelompok-kelompok lain, pihak-pihak lain,” ucapnya.

Perlu diketahui dalam memperingati May Day, KSPI kali ini tak melakukan euforia yang berlebihan. Sebab, KSPI beralasan masih dalam nuansa idul fitri dan juga memperhatikan prokes Covid 19. Kegiatan May Day kali ini dilakukan sebagai aplikasi daripada perjuangan serikat pekerja.

Setiap tahun tepatnya pada 1 Mei diperingati Hari Buruh Sedunia (May Day), namun karena bertepatan dgn Hari Raya Idul Fitri 1443 H sesuai dengan instruksi DPP KSPI Pusat bahwa peringatan Mayday dilaksanakan pada pada 14 Mei 2022 mendatang.

Peringatan Mayday 2022 di Jawa Timur yang akan digelar KSPI Jatim diikuti oleh beberapa perwakilan massa aksi dari DPD SPN Jatim sehingga jumlah massa aksi tidak sebesar yang diperkirakan.

Ketua DPD SPN Jawa Timur, Nuryanto menyampaikan, bahwa SPN tidak berafiliasi dengan Partai Politik manapun dan murni untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh. Sesuai intruksi DPP KSPSI Pusat bahwa, SPN akan melakukan aksi unjuk rasa di Istana Negara Jakarta pada 12 Mei 2022, namun DPD SPN Jatim tidak mengirimkan perwakilan ke Jakarta. [uci/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar