Peristiwa

Peringati HPSN, Sampah Wisatawan Gunung Bromo Dibersihkan

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melakukan gotong royong membersihkan sampah di Laut Pasir Gunung Bromo dan view point B29 Argosari, Senin (4/3/2019).

Malang (beritajatim.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melakukan gotong royong membersihkan sampah di Laut Pasir Gunung Bromo dan view point B29 Argosari, Senin (4/3/2019).

Kegiatan tersebut berada dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional. Selain Balai Besar TNBTS, semua elemen pemerintah dan masyarakat juga akan ikut dalam aksi bersih-bersih sampah tersebut.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie menyampaikan, gerakan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah pusat bebas sampah 2025.

“Pemerintah telah menetapkan target untuk sampah dikelola 100 persen pada tahun 2025, dengan pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen. Angka pengurangan sampah sebesar 30 persen memberikan makna bahwa paradigma pengelolaan sampah memberikan titik tekan pada kebijakan up-stream (hulu), dengan mindset 3R (reduce, reuse, recycle),” kata Kenedie.

Kenedie melanjutkan, selama ini untuk pengelolaan sampah di kawasan TNBTS pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terdekat. “Setelah dilakukan pemilahan, sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi akan di bawa langsung ke TPA di Probolinggo atau Pasuruan atau ke TPA Poncokusumo di wilayah Malang,” terangnya.

Kenedie menambahkan, pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat memang berakibat meningkatnya volume dan jenis sampah. Hal itu, menurutnya, merupakan tantangan tersendiri untuk mengelola sampah. “Kita harus hadapi tantangan itu dengan langkah sistematis dan kerja kolaboratif dalam semangat gotong royong,” pungkasnya. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar