Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Peringati Hari Pahlawan, Warga Kediri Napak Tilas Perjuangan Prof Dr Moestopo 

Memperingati hari Pahlawan yang biasanya digelar pada 10 November, warga di Kecamatan Ngadiluwih dan Kediri pada umumnya menggelar acara napak tilas perjuangan Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo yang merupakan satu - satunya pahlawan nasional dari Kabupaten Kediri.

Kediri (beritajatim.com) – Memperingati hari Pahlawan yang biasanya digelar pada 10 November, warga di Kecamatan Ngadiluwih dan Kediri pada umumnya menggelar acara napak tilas perjuangan Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo yang merupakan satu – satunya pahlawan nasional dari Kabupaten Kediri.

Acara yang diselenggarakan Yayasan / Universitas Prof.Dr. Moestopo Jakarta, pada Jumat (26/11/2021) malam itu digelar di Pendopo Taman Ek Koorcam Ngadiluwih. Selain keluarga dan masyarakat sekitar Taman Ngadiluwih, hadir dalam acara itu ketua PCNU KH Ma’syum.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Erjik Bintoro yang ikut hadir dalam acara itu menyampaikan bahwa dalam acara napak tilas itu diadakan pula tahlil dan kirim doa memperingati wafatnya Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo.

” Pak Moestopo adalah pahlawan nasional dari Kabupaten Kediri, khususnya Kecamatan Ngadiluwih. Acara napak tilas ini dengan maksud bahwa kita bisa meniru dan meneladani kebaikan-kebaikan beliau,” katanya.

Memperingati hari Pahlawan yang biasanya digelar pada 10 November, warga di Kecamatan Ngadiluwih dan Kediri pada umumnya menggelar acara napak tilas perjuangan Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo yang merupakan satu – satunya pahlawan nasional dari Kabupaten Kediri.

Diterangkan, Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo selepas dari tentara cenderung mengalihkan perjuangannya di bidang pendidikan. Sebab, lanjut Erjik, Prof. Dr. Moestopo merasa kemerdekaan itu belum tercapai jika masyarakatnya belum pandai.

“Oleh karena itu beliau beralih ke pendidikan, maka beliau mensponsori berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berdiri, setelah kemerdekaan ini,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 9 November 2007. Selain sebagai tentara, Mayjen TNI Prof. Dr.Moestopo merupakan tokoh nasional dengan mendapat sebutan bapak komunikasi, bapak ilmu kedokteran gigi, bapak perminyakan, bapak reclasering dan bapak pengawal Pancasila. [nm/ted].


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati