Peristiwa

Peringati Hari Bumi Pemkot Surabaya-Alfamart Tanam 100 Bibit Pohon

DBM Alfamart Dadang Budi Muliana bersama Kabid RTH dan PJU DKRTH Surabaya Hendri Setianto melakukan penanaman pohon secara simbolis di area GBT, Kamis (8/4/2021).

Surabaya (beritajatim.com)  – Memperingati Hari Bumi, Alfamart melakukan aksi tanam 15.000 bibit pohon secara nasional sepanjang Bulan April. Di Surabaya, ada 100 bibit pohon ketapang kencana dan ketapang varigata yang ditanam di area greenbelt TPA Benowo dan sekitar Gelora Bung Tomo.

Aksi peduli lingkungan yang dilakukan di Surabaya ini bekerja sama dengan Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Kamis (8/4/2021).

Plt Kepala DKRT Surabaya, Anna Fajriatin mengapreasiasi kegiatan tersebut dan berharap aksi serupa juga akan dilakukan oleh perusahaan swasta lainnya.

“Kebetulan hari ini yang kita tanam adalah bibit ketapang kencana dan ketapang varigata. Pohon ini kita sarankan karena merupakan jenis tanaman pelindung,” katanya di sela acara.

Titik penanamannya, lanjutnya, juga disarankanoleh tim DKRTH di area Gelora Bung Tomo dan greenbelt TPA Benowo guna menjaga keseimbangan ekosistem ke depannya.

“Area di sini kan luas sekali, berapapun bibit yang ditanam masih bisa tertampung. Jenisnya kebanyakan memang ketapang kencana dan ketapang varigata. Kebetulan tahun 2023 GBT akan dipakai pertandingan bergengsi skala dunia U-23. Jadi penghijauan di kawasan ini harus lebih tertata,” jelasnya.

Deputy Branch Manager Alfamart, Dadang Budi Muliana menambahkan, Alfamart berkomitmen menjadi perusahaan yang concern terhadap kepedulian lingkungan.

“Tahap awal kita tanam 100 dulu karena memperingati Hari Bumi, nanti akan ada kerja sama lanjutan tanam pohon di titik yang berbeda” katanya.

Selain itu, Alfamart juga gencar kampanyekan tas go green pada konsumen guna pengurangan penggunaan kantong plastik.

“Itu sebabnya kantong plastik di toko tidak kita gratiskan demi mengubah perilaku konsumen. Dan ini terbukti penggunaan kantong plastik turun rata-rata 5 % setiap tahunnya,” imbuhnya. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar