Peristiwa

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Perilaku Disiplin Bermasker Warga Pamekasan Belum Maksimal

Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari (kanan) didampingi anggota membagikan masker gratis bagi pengendara motor. Guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Kurangnya kesadaran masyarakat Pamekasan akan bahaya wabah virus corona alias Covid-19, membuat sejumlah instansi terus berupaya memberikan sosialisasi sekaligus melaksanakan kegiatan sosial berupa bagi-bagi masker gratis.

Salah satunya dilakukan Polres Pamekasan, di mana mereka membagikan masker secara gratis bagi para pengguna jalan di beberapa titik di jalan protokol, Rabu (8/7/2020) kemarin. Terlebih mereka juga termasuk sebagai bagian dari Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari terjun langsung membagikan masker gratis sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

“Giat ini kita lakukan sebagai salah satu upaya untuk mengajak masyarakat khususnya pengguna jalan, agar selalu disiplin berlalu lintas. Sekligus selalu mengenakan masker guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari melalui Kasubag Humas AKP Nining Dyah, Kamis (9/7/2020).

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab selama ini banyak masyarakat yang masih belum menyadari pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan. “Seperti yang kita lihat bersama, msih banyak pengguna jalan yang masih belum menggunakan masker saat berkendara, khususnya pengendara roda dua,” ungkapnya.

“Dari itu kami mengajak masyarakat untuk selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19. Sebab dengan disiplin tinggi, kita bisa terlepas dari pandemi ini. Apalagi disiplin merupakan salah satu vaksin terampuh dalam memerangi Covid-19,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengajak masyarakat khusunya para pengendara agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai anjuran pemerintah. “Tetap jaga jarak, jangan berkerumun, selalu cuci tangan dengan sabun, serta selalu menggunakan masker,” pungkasnya.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 154 orang dinyatakan terinfeksi dan positif Covid-19. Meliputi sebanyak 86 orang tengah dalam perawatan, 24 orang meninggal dunia, serta sebanyak 44 orang dinyatakan sembuh.

Pakailah Masker

Sementara untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdata sebanyak 117 orang, meliputi sebanyak 48 orang tengah dalam pengwasan, 31 orang meninggal dunia, serta 38 orang lainnya dinyatakan selesai dan negatif Covid-19. Sedangkan status Orang Dalam Pantauan (ODP) terdata sebanyak 596 orang, 40 orang di antaranya tengah dalam pantauan dan sisanya dinyatakan selesai. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar