Peristiwa

Perempuan-perempuan Cantik Susuri Kampung Kota Tangerang

Jakarta (beritajatim.com) – Perempuan-perempuan cantik tampak menyusuri sudut-sudut perkampungan Kota Tangerang, Banten pada Sabtu (31/7). Tangan mereka menenteng paket yang kemudian dibagikan ke orang-orang yang ditemui di jalan.

“Kami membawa 1.000 paket telur dan masker gratis,” kata Dian Novita Susanto. “Kami emak-emak yang daripada cerewet, mending ngerjain sesuatu,” tambah Dian yang juga Ketua Umum DPP Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) mengaku gerakan ini untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi PPKM akibat pandemi COVID-19.

Salah seorang warga yang tinggal di kampung belakang kompleks Citra Raya Cikupa, Tangerang mengaku senang. Rohiya (37), misalnya, menyampaikan terimakasih mendapat masker dan telur gratis Rohiya.

Ibu tiga orang anak ini mengaku sudah jarang belanja telur. Masker yang dipakainyapun seadanya. Sehari-harinya, Rohiya dan keluarga hanya mengandalkan penggunaan masker kain yang telah berkali-kali dicuci.

Gerakan “Emak-Emak Peduli COVID-19” ini, empat hari sebelumnya sudah membagi-bagi sembako di wilayah Jakarta Barat. Target penerima bantuan dari aksi ini adalah mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Menurut Dian Novita, aksi Emak-Emak ini masih akan terus berlanjut. Meski jumlah bantuan HKTI ke masyarakat ini masih sangat kecil, tetapi dia berharap bisa menggugah kepedulian masyarakat. Upaya ini pasti akan sangat membantu masyarakat kelas bawah terutama saat menjalani PPKM Level 4.

Selain membagikan sembako dan masker, mereka juga membantu patroli protokol kesehatan 5M : mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Jika, terdapat warga yang masih tidak patuh terhadap protokol kesehatan ini, maka emak-emak ini tidak akan segan untuk menegur dan memberikan masker gratis untuk digunakan. [hen/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar