Peristiwa

Percantik Kota dan Keselamatan Pengendara, Dishub Bojonegoro Pasang Traffic Pole

Traffic Pole di Perempatan Alun-alun Bojonegoro menyala merah sesuai indikator lampu traffic.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah terus berupaya melakukan penataan kota agar terlihat lebih indah. Sejalan dengan program tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro kemudian membuat inovasi baru pada fasilitas umum, yakni pemasangan traffic pole.

Inovasi pemasangan traffic pole pada tiang penyangga traffic light yang ada di perempatan jalan itu untuk lebih mempercantik wajah kota. Selain itu, untuk menambah kesadaran masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas. Pemasangan traffic pole ini dilakukan sekitar sepekan yang lalu.

“Pemasangan traffic pole ini inisiatif dari Dishub, sejalan dengan program bupati untuk penataan dan keindahan kota,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo, Kamis (15/10/2020).

Selain itu, pemasangan traffic pole itu juga menyambut perayaan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 343. Sehingga, wajah kota terlihat lebih cantik. Dua titik pemasangan traffic pole di perempatan jalan itu sebagai uji coba. Kedepan, lanjut Andik, jika respon masyarakat positif akan ditambah lebih banyak.

Uji coba pemasangan traffic pole yakni dilakukan di seputaran kota, seperti di perempatan Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro. “Tahun depan akan diperbanyak, jika respon masyarakat bagus. Pemasangan ini masih uji coba dari partisipasi atau sponsor ship pihak ketiga,” terangnya.

Diketahui, traffic pole merupakan strip led yang dipasang di tiang langsung sebagai penyangga lampu utama. Lampu led tersebut akan berubah warna sesuai dengan sinyal di lampu utama traffic light yang akan lebih terlihat dari kejauhan karena lebih panjang. Traffic pole dipasang sepanjang tiang ‘L” yang terbalik, sebagai tiang penyangga.

Salah seorang pengendara kepada beritajatim.com, Dian Hapsari mengungkapkan, dengan adanya lampu led traffic pole ini indikator lampu traffic light lebih terlihat jelas dari kejauhan. Selain itu, jika malam hari juga lebih bagus karena indikator lampu yang menempel di tiang itu lebih terang. “Bagus dari kejauhan lebih kelihatan,” ungkapnya. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar