Peristiwa

Perbaikan Pagar Dermaga Kalianget Yang Roboh Kewenangan Pemprov Jatim

Pagar dermaga di Pelabuhan Kalianget, Sumenep roboh, Rabu (15/9/2021)

Sumenep (beritajatim.com) – PagarĀ  dermaga di Pelabuhan Kalianget yang roboh merupakan aset Kementerian Perhubungan Laut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Agustiono Sulasno menjelasan, dermaga tersebut awalnya merupakan aset Kementerian Perhubungan Laut. Namun berikutnya, aset itu telah diserahkan ke Kementerian Perhubungan Darat.

“Jadi itu bukan aset daerah. Karena itu, Pemkab tidak punya kewenangan untuk melakukan perbaikan dermaga yang roboh itu,” katanya, Rabu (15/09/2021).

Ia menjelaskan, pagar di dermaga Kalianget tersebut dibangun oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Provinsi Jawa Timur yang merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Perhubungan Darat.

“Jadi yang punya kewenangan melakukan perbaikanbpada pagar dermaga yang roboh itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Agus mengatakan, pemerintah daerah hanya sebatas mengusulkan, kemudian berkoordinasi dan menyampaikan kondisi yang ada kepada pihak berwenang.

“Kami tidak terlibat langsung pada perbaikan atau juga penganggaran dermaga itu. Kami hanya sebatas mengajukan permohonan ke Kementerian Perhubungan,” ucapnya.

Ia menuturkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan BPTD XI Jawa Timur, perbaikan pagar dermaga itu telah dianggarkan dan akan dilaksanakan pada 2022. “Sudah dianggarkan untuk rehab dermaga Kalianget. Tahun ini mulai perencanaan hingga pelelangan proyek dermaga. Pelaksanaan rehabnya 2022,” jelasnya.

Sebelumnya, pagar dermaga di Pelabuhan Kalianget roboh. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu. Pagar dermaga yang roboh itu merupakan jalur yang digunakan untuk penumpang pejalan kaki yang akan menaiki kapal. (tem/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar