Peristiwa

Perbaikan Jalan Pasca Longsor di Pujon Mulai Rampung

Malang (beritajatim.com) – Perbaikan jalan nasional di kawasan Pujon yang menghubungkan Malang – Kabupaten Kediri, mulai dirampungkan. Jalan sempat ditutup akibat musibah tanah longsor beberapa pekan lalu. Tepatnya, di jalan masuk wilayah Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

“Teman-teman Bina Marga Provinsi Jatim turun langsung, dan mulai perbaikan sejak sabtu lalu. Prediksinya kan sebenarnya 10 hari selesai, tapi alhamdulilah hari ini sudah mulai di coba buka dan dapat dilalui kendaraan,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan, Jumat (12/3/2021).

Kata Sadono, bencana longsor yang sempat memutus jalan protokol Kabupaten Malang – Kabupaten Kediri ini akhirnya dapat pulih kembali berkat kerja keras seluruh petugas lapangan baik itu dari Bina Marga Provinsi, Polsek Pujon hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

“Ini kerjasama yang maksimal, keadaan bisa normal kembali. Mereka (petugas lapangan) tidak main-main sebab kerja setiap hari dan lembur terus,” tegasnya.

Sadono menjelaskan, kendaraan roda dua dan roda empat sudah mulai lalu lalang di sepanjang jalan. Meskipun hanya dibuka untuk satu jalur dulu, sebab jalur yang ada ditepi sungai sebelahnya masih dilakukan sedikit perbaikan dan pengerasan aspal.

“Pengaspalan masih dilakukan di badan jalan dekat tepi sungai satunya sejak semalam. Jadi sementara ini jalan satunya yang bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat,” bebernya.

Saat disingging mengenai kendalanya, Sadono menjelaskan hanya faktor alam saja (hujan deras) yang sempat memperlambat pengerjaannya.

“Pengerjaan jalan sempat terhenti beberapa saat karena hujan deras, namun dikebut kembali, sampai kamis semalam sudah dapat dibuka. Dan hari ini, Jumat (12/3/2021) masih kami jadikan percobaan dengan terus dilakukan pemantauan,” tandasnya.

Sadono menambahkan, jumlah kendaraan yang melewati jalanan tersebut pasca perbaikan semalam, volumenya masih stabil dan belum terlihat kepadatan yang mengular. Sehingga masih terpantau aman dan lancar. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar