Peristiwa

Perahu Kayu Diguncang Ledakan di Pelabuhan Raas Sumenep

perahu kayu yang diguncang ledakan di pelabuhan (foto: ist)

Sumenep (beritajatim.com) – Sebuah ledakan terjadi di dalam perahu motor kayu ‘Sumber Barokah’. Ledakan itu terjadi saat perahu berlabuh di pelabuhan lama, Desa Brakas, Kecamatan/ Pulau Raas, Kabupaten Sumenep.

Perahu warna putih kombinasi biru itu dinahkodai Nosra (40), dengan tiga ABK yakni Syaiful (34), Hosen (28), dan Adi (25), semuanya warga   Desa Brakas, Pulau Raas.

“Saat kejadian, perahu berlabuh dalam kondisi mesin kapal mati karena rusak, dan masih akan diperbaiki,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Sabtu (13/03/2021).

Ketika kapal berlabuh itu, nahkoda meminta Syaiful (ABK) untuk membuat kopi. Ternyata tak berselang lama terjadi ledakan hebat yang menyebabkan perahu hancur berkeping-keping.

“Ledakan itu diduga berasal dari tabung gas elpiji  yang tersambung dengan konpor gas di dalam perahu. Kompor gas itu digunakan untuk memasak dan merebus air saat mereka berlayar,” terang Widiarti.

Akibat ledakan itu, nahkoda dan ABK perahu mengalami luka bakar. Nosra, nahkoda perahu mengalami patah tulang pinggang, Syaiful, ABK yang disuruh membuat kopi mengalami luka bakar pada bagian tangan sebelah kanan dan kiri, luka bakar pada bagian kaki sebelah kanan dan kiri, lluka lecet pada bagian punggung atas sebelah kiri, dan luka lecet pada bagian muka.

“Sedangkan ABK yang lain, yakni Jumadi, mengalami luka dalam pada bagian punggung belakang, kemudian Hosen mengalami luka lecet pada bagian lengan tangan sebelah kiri, dan luka robek pada bagian pelipis mata sebelah kiri sehingga harus dilakukan jahitan pada luka,” paparnya.

Saat ini korban luka dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan. Sedangkan anggota Polsek mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Kami juga mengamankan barang bukti berupa beberapa potongan kayu kapal yang hancur, kompor gas yang juga hancur, dan sebuah wajan kecil yang berlubang,” jelasnya. (tem/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar