Peristiwa

Penyebab Kebakaran Gudang Kembang Api Diduga Korsleting Listrik

Asap membubung tinggi di atas gudang berisi kembang api dan mainan anak di Jl Abdurrahman Saleh Jombang, Jumat (10/1/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Setelah dua jam melakukan pembasahan, petugas PMK (pemadam kebakaran) akhirnya bisa memadamkan kebakaran yang terjadi di gudang berisi kembang api dan mainan anak di Jl Abdurrahman Saleh No 12 Jombang. Dugaan sementara, penyebab kebakaran diduga karena korsleting listri di gudang tersebut.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang Gunadi menjelaskan, proses pemadaman dilakukan sekitar dua jam. “Kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB. Api berhasil dipadamkan pukul 15.30 WIB. Setelah itu kami masih melakukanm pembasahan,” kata Gunadi ketika ditemui di lokasi, Jumat (10/1/2020).

Gunadi menjelaskan, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran secara pasti. Namun dugaan sementara kebakaran itu disebabkan korsleting listrik. Api pertama kali muncul di lantai tiga. Kemudiamn merembet ke lantai dua. Beruntung, api tidak sampai merembet ke lantai satu. Karena lantai paling bawah itu berisi kembang api yang dikemas dalam ratusan kardus.

“Api susah dipadamkan, karena gudang tersebut berisi main anak berbahan plastik. Justru api cepat membesar. Beruntung tak jauh dari lokasi kejadian ada sungai, itu memudahkan kita untuk mengambil air. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik,” ujar Gunadi.

Akibat kebakaran tersebut, lalu lintas yang berada di Jl Abdurrahman Saleh padat merayap. Apalagi di sepanjang jalan, warga juga nampak bergerombol untuk melihat kebakaran tersebut. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar