Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Penumpang Kapal dari Pelabuhan Kalianget Wajib Swab Antigen dan Vaksin

Sumenep (beritajatim.com) – Para penumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget Sumenep diwajibkan menyertakan hasil test swab antigen dan kartu vaksinasi.

“Dua persyaratan itu wajib dipenuhi para penumpang kapal dari Pelabuhan Kalianget menuju Jangkar Situbondo maupun ke tujuan-tujuan lain,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Kalianget, Muslimin, Selasa (12/10/2021).

Penerapan dua persyaratan tersebut diberlakukan mengingat status Sumenep yang masih berada di Level 3 PPKM akibat capaian vaksinasi Covid-19 di bawah 50 persen.

“Hasil rapid test antigen negatif kemudian kartu vaksinasi itu sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Muslimin.

Ia menambahkan, penerapan persyaratan tersebut ternyata tidak berpengaruh terhadap penurunan jumlah penumpang seperti yang sempat dikhawatirkan beberapa pihak.

“Kalau kisaran rata-ratanya ya 90-100 orang per hari untuk jumlah penumpang dari Pelabuhan Kalianget ke Jangkar ataupun ke Pulau Sepudi dan Pulau Raas. Tidak berbeda jauh kondisi jumlah penumpang setelah diberlakukannya dua syarat itu, dengan sebelumnya. Demikian juga untuk kapal rute lain,” paparnya.

Sementara Pemkab Sumenep telah menggratiskan biaya tes rapid antigen telah di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), bagi warga Sumenep yang akan bepergian. [tem/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar