Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Penumpang Bus Jakarta-Sumenep Diprediksi Melonjak H-7 Lebaran

sejumlah penumpang bus dari Terminal Arya Wiraja Sumenep bersiap naik bus ke Jakarta (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) dari Terminal Arya Wiraraja Sumenep, diperkirakan mengalami lonjakan pada H-7 Lebaran. Para pemudik akan mulai berdatangan di hari-hari tersebut, khususnya dari Jakarta.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi, menjelaskan prediksi lonjakan penumpang itu berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pada H-7 lebaran jumlah penumpang yang masuk ke Sumenep dari Jakarta, naik 200 persen.

“Hanya saja sudah beberapa tahun ini kan tidak ada mudik akibat pandemi, sehingga tidak ada penumpang bus AKAP. Namun karena sekarang ini sudah diijinkan mudik mengingat mulai turunnya kasus positif Covid-19 dan makin banyaknya warga yang sudah vaksin, maka diperkirakan akan terjadi kembali lonjakan penumpang,” katanya, Jumat (08/04/2022).

Ia menjelaskan, jumlah penumpang di awal bulan Ramadan ini relatif stabil. Kenaikan penumpang dari Sumenep ke Jakarta justru terjadi seminggu sebelum puasa.

“Sebagaian besar penumpang ke Jakarta ini bekerja di sektor informal seperti jaga toko. Nah, seminggu sebelum puasa itu biasanya merupakan saat tukar shift jaga. Yang selama ini di Jakarta pulang ke Sumenep, yang di Sumenep berangkat ke Jakarta untuk menggantikan jaga toko,” paparnya.

Ia menjelaskan, dalam kondisi normal, rata-rata jumlah penumpang AKAP sebesar 100 orang per hari. Satu minggu sebelum Ramadan, jumlah penumpang meningkat menjadi 110 – 120 orang per hari.

“Kalau jumlah armada ke Jakarta yang berangkat per hari sekitar 20 bus. Tapi kalau ada peningkatan jumlah penumpang, armada bus yang berangkat ke Jakarta mencapai 30 orang. Artinya kalau dari sisi jumlah armada, sangat mencukupi,” ujarnya. (tem/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar