Peristiwa

Penumpang Bus dari Jakarta Dicek Suhu Badan dan Disemprot Disinfektan

Sumenep (beritajatim.com) – Petugas Gabungan yang terdiri dari Polres, Kodim 0827, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan BPBD Sumenep, melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang turun di Terminal Arya Wiraraja. Mereka merupakan penumpang dari Jakarta.

“Semua penumpang yang datang harus menjalani cek suhu tubuh, kemudian disemprot disinfektan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono, Rabu (25/03/2020).

Para penumpang dari Jakarta tersebut tiba di terminal jam 02 dini hari, menggunakan tiga bus AKAP. Seluruh penumpang yang baru turun dari bus langsung menjalani cek suhu badan dan penyemprotan disinfektan.

“Selama empat belas hari setelah kedatangan ini, mereka akan terus dipantau oleh petugas medis setempat,” terang Agus.

Berdasarkan pengakuan para penumpang, mereka akan pulang ke kampung halamannya. Sebagian di Kecamatan Kota, kemudian Kecamatan Batuputih, dan sebagian lagi berasal dari wilayah kepulauan. Selama di Jakarta, mayoritas mereka bekerja di sektor informal.

Sementara Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi bersama Dandim 0827, Letkol Inf. Ato Sudiatma yang ikut memantau langsung kedatangan penumpang dari Jakarta meminta agar warga yang baru datang memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

“Sampai di rumah jangan langsung salaman dengan keluarganya. Sebaiknya mandi membersihkan badan, kemudian ganti baju dan merendam baju yang digunakan di perjalanan tadi dengan detergen. Ini untuk antisipasi penyebaran virus corona,” ujarnya.

Menurut Kapolres, selain di terminal, pihaknya juga melakukan pengawasan di Pelabuhan Kalianget yang juga menjadi pintu masuk para pendatang.

“Kami akan terus melakukan pengawasan, terutama bagi para pendatang dari kota yang dinyatakan sebagai zona merah Covid-19,” tandasnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar