Peristiwa

Pensiun, Saatnya Jeli Memilih Investasi Yang Aman, Jangan Tergiur Untung Besar

Surabaya (beritajatim.com) – Menerima uang pensiun disaat pandemi memang sulit. Sebab mau memulai usaha, masih sulit apalagi banyak usaha yang gulung tikar karena dampak pandemi. Lalu bagaimana cara bijak mengelola uang pensiun Anda agar mampu menopang hari tua Anda?.

Pilihan cermat harus diambil. Beruntungnya jika ada sudah memulai berbisnis jauh sebelum masa pensiun, maka Anda bisa menjadikan uang pensiun sebagai tambahan modal. Jika tidak pernah berbisnis, maka jangan coba-coba gambling, pilihan investasi berjangka atau sukuk/obligasi jauh lebih aman untuk Anda.

“Pilihan investasi itu banyak, termasuk berbisnis tetapi apapun pilihan investasi yang paling penting adalah melakukan pencatatan terhadap uang yang kita keluarkan. Jangan digabung dengan gaji apalagi untuk keperluan konsumsi,” beber Founder & CEO – Fingram Indonesia, Ian┬áRenassa, saat webinar yang digelar Forum Jurnalis Ekonomi Bisnis Surabaya didukung Coca Cola Amatil Indonesia.

Dikatakan, saat ini banyak tawaran investasi yang ditawarkan dengan berlipat-lipat keuntungan. Hati-hati juga dengan investasi bodong yang justru nanti akan membuat dana pensiun melayang.

“Sebenarnya banyak pilihan investasi diantaranya ada obligasi yang relatif kecil keuntungannya tetapi dijamin uang tidak akan hilang karena dijamin pemerintah. Jika punya pengalaman dan mampu menganalisis pasar maka bisa memilih investasi di bursa saham, forex atau digital crypto,” bebernya.

Investasi emas juga menarik tetapi disarankan membeli logam mulia karena harganya lebih stabil. Namun investasi ini tak memberikan keuntungan yang signifikan mengingat emas sendiri adalah alat tukar pengganti uang. Jika ada kenaikan harga emas, bukan karena investasinya untung, tetapi karena nilai uang semakin turun.

“Investasi jangan sampai menganggu cashflow uang untuk kebutuhan dasar Anda. Kita harus bisa memenej diri agar tidak tergiur ingin gaya hidup tinggi,” tandasnya.[rea]



Apa Reaksi Anda?

Komentar