Peristiwa

Pengurus FPRB Jombang Dikukuhkan

Pengurus FPRB Jombang berpose bersama usai dikukuhkan, Sabtu (31/7/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pengurus FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten Jombang resmi dikukuhkan, Sabtu (31/7/2021). Forum ini diketuai oleh dr Agung Sugiarto Masrum, sedangkan sekretaris dijabat Amik Purdinata.

Pengukuhan dihadiri Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli, Kepala BPBD Jombang Abdul Wahab, Sekjen FPRB Jawa Timur Sudarmanto, serta Direktorat Kesiapsiagaan Deputi Pencegahan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Pangarso Suryotomo.

Pengukuhan yang berlangsung di posko siaga centre BPBD Jombang ini menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Jumlah peserta yang hadir dibatasi. Selain itu, peserta juga wajib mencuci tangan menggunakan sabun serta mengenakan masker saat berada di lokasi.

FPRB merupakan wadah yang berbentuk independen yang menyatukan berbagai organisasi/lembaga/komunitas dan pemangku kepentingan yang bergerak dan mendukung berbagai upaya pengurangan risiko bencana di daerah.

“FPRB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerahnya. FPRB terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi/kampus, organisasi kemasyarakatan/relawan, media massa, serta pemerintah daerah,” ujar Ketua FPRB Jombang dr Agung Sugiarto Masrum.

Nah, masing-masing sektor tersebut membangun sinergi untuk penanggulangan bencana di daerah. FPRB dibentuk berdasarkan UU No. 24 Tahun 2007, PP No. 21 Tahun 2008, serta secara spesifik diatur dalam Perka BNPB. “Forum ini dibentuk untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman bencana,” lanjutnya.

Pengukuhan ditandai penyematan rompi warna krem dari Direktorat Kesiapsiagaan Deputi Pencegahan BNPB Pangarso Suryotomo kepada Sekdakab Jombang Akhmad Jazuli. Dalam kesempatan tersebut Pangarso Suryotomo mengingatkan agar FPRB Jombang segera melakukan kerja-kerja riil.

“Semisal dalam situasi Covid-19 ini FPRB bisa ikut berperan dalam mengkampanyekan vaksinasi. Sehingga semangat masyarakat untuk mengikuti vaksin Covid-19 tidak kendor,” kata Papang, panggilan akrabnya, ketika memberikan pesan khusus kepada pengurus FPRB Jombang.

Sementara itu Sekjen FPRB Jawa Timur Sudarmanto menambahkan, FPRB ini merupakan salah satu perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerah. Forum Pentahelix yang terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi/kampus, ormas, media massa, serta pemerinta.

“Lima unsur ini saling sinergi dan saling melengkapi dalam upaya-upaya penanggulangan bencana. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, Jombang adalah yang ke-26 memiliki FPRB,” pungkas Mbah Darmo, panggilan akrab Sudarmanto. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar