Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pengunjung Kafe di Wonosalam Jombang Diedukasi Soal Bahaya Plastik

Jombang (beritajatim.com) – Ada yang berbeda di kedai Tanah Senja, Wonosalam, Jombang, Kamis (3/3/2022). Para pengunjung kafe bukan hanya menikmati sajian kuliner. Namun mereka juga mendapatkan edukasi tentang bahaya plastik sekali pakai. Acara itu digelar oleh Yayasan Ecoton.

Koordinator Pameran Plastik Brantas XOXO Kholid Basyaiban mengatakan, Wonosalam dipilih menjadi tempat pameran karena berada wilayah Hulu Sungai Brantas. Air dari kawasan hulu akan mengalir ke Sungai Brantas. “Maka penting untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dan pengunjung di wilayah Wonosalam. Pengunjung kafe juga kami minta aktif dan peduli dengan sampah, khususnya sampah plastik dan sedotan,” kata Kholid.

Sementara itu Nadya Ariyani Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah selaku panitia penyelenggara mengatakan, pameran Brantas XOXO cukup menarik perhatian pengunjung kafe. Rata-rata, mereka baru mengetahui bahwa penggunakan plastik yang masif, berpengaruh pada lingkungan.

“Banyak pengunjung kafe yang baru mengetahui bahwa penggunaan plastik yang masif berpengaruh terhadap hormon. Juga terkait bahaya plastik sekali pakai yang mencemari Sungai Brantas. Nah, dengan edukasi ini
Pengunjung jadi tahu mikroplastik dan bahayanya bagi kesehatan,” ujar Nadya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar