Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Penerbangan Perintis ke Pulau Pagerungan Sumenep Terganjal Syarat PCR

Pesawat Susi Air yang melayani penerbangan Sumenep - Pagerungan

Sumenep (beritajatim.com) – Penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, hingga saat ini belum dibuka kembali. Sedangkan rute penerbangan perintis ke Suemenp – Surabaya Bawean telah beroperasi kembali.

“Berdasarkan komunikasi yang kami lakukan, khusus untuk penerbangan perintis ke Pagerungan belum bisa dibuka karena ada penebalan persyaratan kesehatan penumpang,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (Bandara) Kelas III Trunojoyo Sumenep, M. Arqodri Arman, Jumat (24/09/2021).

Ia menjelaskan, sebenarnya berdasarkan SE Menteri Perhubungan nomor 62/2021, penerbangan perintis untuk rute daerah terluar atau daerah tertinggal, ada pengecualian persyaratan keterangan kesehatan penumpang, tidak perlu menyertakan hasil swab antigen atau PCR negatif.

“Tetapi karena bandara di Pagerungan itu milik salah satu perusahaan migas yang memiliki standarisasi cukup ketat, maka mereka mensyaratkan harus ada tes PCR negatif untuk penumpang yang akan terbang ke Pagerungan. Nah kalau itu diberlakukan, tentu saja akan sangat sulit bagi penumpang disini untuk bisa memenuhinya,” papar Qodri.

Pesawat Susi Air layani rute Pagerungan-Sumenep

Ia berharap ada jalan tengah yang memungkinkan penerbangan perintis ke Pagerungan bisa dioperasikan kembali, mengingat animo penumpang cukup besar. “Jadi pada prinsipnya kami sangat mendukung apabila penerbangan perintis ke Pagerungan kembali dibuka,” ucapnya.

Sejak 25 September 2019, penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan dilayani oleh pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik Susi Air. Pesawat tersebut berkapasitas maksimal 10 penumpang.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal. (tem/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar