Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Penerbangan Perintis ke Pulau Pagerungan Sumenep Siap Dibuka Kembali

Pesawat Susi Air layani rute Pagerungan-Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Setelah sempat ‘off’ selama masa PPKM, penerbangan perintis rute Bandara Trunojoyo Sumenep – Pulau Pagerungan, segera dibuka kembali.

“Insya Allah awal Oktober nanti, penerbangan ke Pagerungan sudah dibuka lagi,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (Bandara) Kelas III Trunojoyo Sumenep, M. Arqodri Arman, Sabtu (25/09/2021).

Ia menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi para calon penumpang ke Pagerungan. Diantaranya adalah telah divaksin minimal dosis pertama. “Calon penumpang bisa menunjukkan bukti sudah divaksin melalui aplikasi peduli lindungi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, selain wajib vaksin, ada persyaratan tambahan dari pihak KEI sebagai pengelola Bandara Pagerungan berupa hasil negatif tes swab antigen. “Jadi tidak cukup hanya dengan bukti vaksin. Calon penumpang juga harus swab antigen lebih dulu dengan hasil negatif,” terangnya.

Menurut Qodri, agar tidak membebani para calon penumpang yang akan terbang ke Pagerungan dengan pesawat perintis, maka tes swab antigen bisa dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Sumenep dengan gratis.

“Berdasarkan pernyataan dari Kepala Dishub Kabupaten Sumenep, swab antigen dapat dilakukan secara gratis di labkesda dengan menunjukkan KTP Sumenep,” jelasnya.

Ia berharap dengan kemudahan-kemudahan yang telah diberikan tersebut, dapat dimanfaatkan oleh para calon penumpang pesawat perintis ke Pagerungan. “Semoga setelah rute ke Pagerungan dibuka kembali awal bulan depan, sudah bisa dimanfaatkan optimal oleh masyarakat,” ucapnya.

Sejak 25 September 2019, penerbangan perintis di jalur Sumenep-Pagerungan dilayani oleh pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik Susi Air. Pesawat tersebut berkapasitas maksimal 10 penumpang.

Untuk sampai di Bandara Pulau Pagerungan dari Bandara Trunojoyo menggunakan pesawat perintis, diperlukan waktu tempuh sekitar satu jam. Sementara apabila menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Pagerungan, diperlukan waktu tempuh sekitar 12 jam dalam kondisi cuaca normal. (tem/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar