Peristiwa

Penegakan Prokes, Petugas Gabungan di Lamongan Razia Tempat Hiburan Malam dan Kafe

Lamongan (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Polri, TNI, dan Satpol PP di Kabupaten Lamongan menggelar operasi penegakan Protokol Kesehatan (Prokes). Sasaran operasi tersebut adalah lokasi hiburan malam, warkop (warung kopi), kafe dan restoran.

Operasi Penegakan Prokes yang dilakukan sejak Minggu (16/5/2021) malam ini, dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca Lebaran di Kabupaten Lamongan.

“Operasi ini sudah ada aturan atau Perda-nya. Gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP, kita akan terus melakukan penertiban meski zona Lamongan adalah kuning,” ujar Kabag Ops Polres Lamongan, AKP Slamet Agus Sumbono, Senin (17/5/2021).

AKP Slamet Agus menambahkan, untuk daerah yang berstatus zona kuning dan hijau, aktifitas perekonomian harus tetap berjalan. Namun, sesuai Perda yang telah ditetapkan, bahwa pelaku usaha seperti warung, kafe dan restoran harus tetap menerapkan Prokes dan pembatas antar pengunjung.

“Kita ketahui bersama, warkop atau kafe seperti ini masih menggunakan pola-pola lama. Harusnya mereka (pengelola usaha) mengurangi jumlah kursi di meja pengunjung. Jika di meja tersebut ada 4 kursi, maka harus dikurangi jadi 2 kursi. Tujuannya, agar pengunjung tidak berdempetan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Slamet juga menuturkan bahwa pihak petugas tidak akan melakukan penutupan atas adanya kafe yang masih melakukan penerapan meja dan kursi pola lama. “Sosialisasi sudah kadaluwarsa. Saatnya kami mengajak mereka untuk patuh dengan Perda. Jika nanti dikembalikan lagi meja dan kursinya (berdempetan), maka akan kami berikan sanksi tegas,” tuturnya.

Petugas Operasi Penegakan Prokes, Kabag Ops Polres Lamongan menegaskan, akan melaksanakan operasi penerapan Prokes ke tempat hiburan malam, kafe atau warung lain. Menurutnya, selama belum ada perubahan aturan, pihaknya akan terus melakukannya dan tidak akan berhenti. [riq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar