Peristiwa

Pendataan Berlapis, Bupati Pastikan BST Tepat Sasaran

Sumenep (beritajatim.com) – Bupati Sumenep, A. Busyro Karim meyakini data keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) di Sumenep tepat sasaran.

“Kami melakukan pendataan berlapis. Dimulai dari usulan pemerintahan desa, kemudian dikroscek dengan kecamatan, dan disinkronkan dengan data kami yang ada di Kabupaten,” katanya, Senin (11/05/2020).

Jumlah KPM BST di Sumenep sebanyak 65.859. Masing-masing akan menerima Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020.

“Jumlah penerima itu kami hasilkan dari rapat bermalam-malam dari data yang masuk. Kami rapat berkali-kali agar tidak ada data penerima yang tumpang tindih,” ujarnya.

Namun menurut Busyro, apabila warga menemukan ada data yang tumpang tindih, dipersilahkan untuk melaporkan, dan nanti akan dilakukan pembaruan data ke pusat. Karena salah satu syarat penerima BST adalah warga yang belum tercover bantuan pemerintah seperti PKH maupun bantuan non tunai.

“Kalau ditemukan ada tumpang tindih data, laporkan pada kami. Atau bisa juga ke nomer aduan BST 085234272695. Sudah cukup banyak laporan yang masuk dan ini akan ditindaklanjuti,” ucapnya.

Ia berharap agar warga penerima.BST bisa mempergunakan dana bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, yakni untuk memenuhi kebutuhan primer, bukan sekunder.

“Pemerintah memberikan bantuan ini sebagai bentuk perhatian terhadap.warga yang terdampak kebijakan ‘stay at home’ untuk memutus penyebaran Covid-19. Karena itu diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tandas Busyro. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar