Peristiwa

Sempat Mundur

Pendaftaran PPPK Nakes di Ponorogo Akhirnya Dibuka

Kepala BKPSDM Kabupaten Ponorogo Andy Susetyo(foto/Dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo akhirnya mengumumkan pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tenaga kesehatan (nakes).

Setelah sebelumnya mundur, akhirnya pendaftaran PPPK nakes dibuka oleh BKPSDM Kabupaten Ponorogo pada hari Senin (7/11) kemarin. Seharusnya, pendaftaran PPPK nakes dibuka pada tanggal 3 November lalu. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran (SE) BKN Nomor 36563/B-KS.04.01/SD/K/2022 tertanggal 3 November.

“SE dari BKN itu baru kita terima hari Senin (7/11) kemarin,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Ponorogo, Andy Susetyo, Selasa (8/11/2022).

Andy mengaku mendapatkan SE tersebut, dari grup kepala BKPSDM se-Jawa Timur. Usai mendapatkan SE tersebut, pihaknya langsung menindaklanjutinya. Hal itu dilakukan, supaya pendaftaran PPPK nakes bisa dibuka saat hari itu juga. Keterlambatan SE dari BKN yang diterima BKPSDM Kabupaten Ponorogo, kata Andy tidak menjadi persoalan.

“Kita mengecek di laman SSCASN, pendaftaran untuk PPPK nakes sudah bisa diakses,” katanya.

Tanggal 18 November 2022 nanti, merupakan tenggat waktu terakhir untuk pendaftaran PPPK nakes. Kemudian, tanggal 19-20 November langsung dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi. Formasi PPPK nakes tahun ini, Kabupaten Ponorogo mendapatkan 106 formasi. Dengan rincian, sebanyak ahli pertama atau dokter dan perawat sebanyak 32 formasi serta ada 74 formasi untuk tenaga terampil.

“Meski sempat mundur, namun tenggat pendaftaran PPPK nakes masih panjang, yakni sampai tanggal 18 November nanti,” ungkap mantan kepala Dipertahankan Kabupaten Ponorogo.

Untuk diketahui sebelumnya, BKPSDM Kabupaten Ponorogo pada tanggal 1 November 2022 lalu mengumumkan pendaftaran rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Awalnya pendaftaran PPPK itu untuk guru dan tenaga kesehatan (nakes). Namun, ternyata hanya bisa untuk mendaftar PPPK kategori guru saja. Usut punya usut pendaftaran PPPK nakes jadwalnya diundur. Mundurnya jadwal pendaftaran PPPK nakes bukan hanya terjadi di kota reog saja, tetapi juga berlaku bagi seluruh daerah di Jawa Timur.

“Mundurnya jadwal pendaftaran PPPK nakes bukan hanya terjadi di Ponorogo saja, namun semua daerah di Jawa Timur,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Ponorogo, Andy Susetyo, Kamis (3/11/2022).

Mundurnya jadwal ini, kata Andy dikarenakan adanya tiga daerah di Jawa Timur yang belum fix terkait formasi PPPK nakesnya. Yakni Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Banyuwangi. Hal itu, menurut Andy berdasarkan rilis informasi terbaru dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

” Dari informasi BKN, Trenggalek, Bangkalan dan Banyuwangi belum clean and clear, sehingga pendaftaran PPPK nakes belum bisa dimulai,” ungkapnya.

Sehingga pembukaan pendaftaran untuk PPPK nakes di Ponorogo, BKPSDM Kabupaten Ponorogo masih menunggu lampu hijau dari BKN. Meski mundur, Andy memastikan bahwa tidak berpengaruh pada tahapan seleksi PPPK tahun ini. Sebab, nanti masa pendaftaran diperkirakan juga dibuka selama 2 minggu, seperti PPPK guru yang saat ini lagi berjalan.

“Kita menunggu kepastian resmi kapan pendaftaran PPPK nakes ini dimulai. Saat ini pendaftaran guru masih berjalan hingga nanti terakhir tanggal 13 November,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar