Peristiwa

Penahan Jembatan Glendeng Tuban Longsor, Begini Kondisinya

Tuban (beritajatim.com) – Plengsengan sebagai penahan dari Jembatan Glendeng, Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang menjadi penghubung antara Tuban dengan Kabupaten Bojonegoro kondisinya kritis lantaran mengalami longsor sejak beberapa hari terakhir dan kini semakin parah.

Longsor pada bagian sisi timur penahan jembatan itu semakin parah setelah kondisi plensengan yang sedang dalam tahap pengerjaan proyek itu diterjang air setelah hujan lebat. Warga khawatir jika kondisi longsor itu semakin parah dan membuat tiang jembatan Bengawan Solo itu ambruk.

PantauanĀ beritajatim.comĀ di lapangan, panjang dari longsor yang terjadi di pinggir Jembatan Glendeng Soko itu kurang lebih sekitar 2 meter dengan ketinggian sekitar 4 meter. Yang mana awalnya longsong itu baru puluhan centimeter saja sebelum terjadinya hujan deras beberapa hari terakhir ini.

“Ini mulai longsor itu sudah sekitar 4 hari ini, tapi parahnya baru kemarin. Karena tergerus air banjir dari jalan yang tidak bisa masuk selokan,” terang Musyafak (48), salah satu warga yang tinggal di sekitar Jembatan Glendeng, Desa Simo, Kecamatan Soko, Tuban, Selasa (3/11/2020).

Selain memgalami longsor pada bagian penahan, kondisi tiang penyangga jembatan untuk menyeberangi Bengawan Solo itu juga terlihat mengalami penurunan dan kondisi jembatan sisi utara sudah terlihat miring.

Sehingga warga merasa khawatir jika tidak kunjung selesai dilakukan perbaikan maka kerusakan akan semakin parah.

“Apalagi kalau truk-truk yang muatan lewat sini ya bahaya juga,” tambahnya.

Sementara itu, selain pada plengsengan bagian timur, retahan penahan pada Jembatan Glendeng Soko itu juga terlihat pada bagian sebelah parah. Pondasi penahan jembatan juga sudah mengalami retak-retak dan juga rawan terjadinya longsor.

“Yang bagian barat itu sudah lama retak-retaknya. Sebenarnya ini ada proyek untuk perbaikan, tapi mungkin karena Bengawan Solo sudah banjir ini makanya berhenti,” ungkap warga lain yang ada di lokasi.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar