Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pemukiman Warga yang Hancur Akibat Erupsi Semeru Bakal Direlokasi

Bupati Lumajang Thoriqul Haq

Lumajang (beritajatim.com) – Negara secepatnya mencarikan lahan bagi warga Lumajang, Jawa Timur, yang rumahnya hancur setelah diterjang erupsi Semeru.

Hal itu disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Rabu (8/12/2021) sore ini saat meninjau Posko Bantuan dan Pengungsi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

“Soal relokasi warga, masyarakat yang hari ini terdampak apalagi betul-betul parah rumahnya hancur, rumahnya sudah tertimbun, rumahnya juga tidak layak dihuni lagi dan ditempati, akan dilakukan relokasi,” tegas Bupati Lumajang.

Menurut Thoriqul, khusus tempat relokasi untuk hunian, sejauh ini masih dicarikan tempat yang aman.

“Relokasinya kami sedang mencari titik-titik lahan yang dimiliki oleh Negara ini. Entak itu lahannya Perhutani maupun lahan Pemda yang nanti, akan dijadikan tempat bagi penduduk yang rumahnya sudah tidak bisa ditempati lagi atau rumahnya tidak bisa lagi jadi kawasan pemukiman,” bebernya.

Thoriqul menambahkan, salah satu pemukiman yang harus direlokasi seperti kawasan Sumberwuluh, Jatian dan Oro-Oro Ombo di Kecamatan Candipuro.

“Ada beberapa tempat di dusun yang jadi pemukiman tersebut yang miliknya Perhutani. Itu yang akan kita jadikan relokasi dalam waktu dekat akan kita share ke teman media untuk desain relokasinya seperti apa,” Thoriqul mengakhiri. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati